Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Semua Orang Bisa Sukses Berbisnis Saham

Saya pernah mendapat pertanyaan yang cukup bagus dari seorang rekan yang ingin belajar saham. Berikut pertanyaannya:

"Pak apakah bisa belajar saham dengan bermodalkan pendidikan sekolah yang rendah. Butuh waktu berapa lama sampai kita bisa mengerti?"

Kalau anda baca tentang kisah-kisah sukses orang yang sukses dari bisnis saham (baik trading maupun investasi), ternyata banyak juga orang sukses yang justru bukan berasal dari latar belakang pendidikan yang tinggi, atau orang2 yang punya jabatan profesional. 

Anda mungkin pernah mendengar / membaca sopir taksi, satpam bahkan pemulung yang sukses dari investasi dan trading saham. Anda coba bisa baca kisah Aab Adullah (sopir taksi) yang sukses dari bisnis saham. Anda bisa baca juga kisah pemulung Curt Degerman dan Ronald Read yang meraup profit besar dari saham. 

Itu artinya, sukses dalam bisnis saham tidak melihat latar belakang, pendidikan, jabatan anda. Semua orang punya peluang yang sama untuk sukses di saham. Yang jadi persoalan bukan BISA atau TIDAK, tapi anda MAU atau TIDAK. 

Yang anda butuhkan agar anda bisa dapat profit di saham adalah: KEMAUAN, NIAT anda untuk mempelajari saham, dan bagaimana mempraktikkan analisa-analisa untuk membeli saham yang bagus.

Banyak orang yang tidak punya latar belakang ekonomi, bahkan tidak memiliki pendidikan tinggi, namun bisa sukses di pasar saham. Jadi, kalau mereka bisa kenapa anda tidak? Anda pun juga punya kesempatan. 

Anda yang tidak punya latar belakang pendidikan yang bagus, juga bukan berarti anda butuh waktu yang lebih lama untuk bisa mengerti tentang saham. 

Soalnya cepat tidaknya anda menyerap pengetahuan tentang saham (mulai dari basic) itu sangat tergantung dari setiap pribadi, dan tentunya juga tergantung dari ketekunan dan kemauan anda untuk praktik langsung. 

Harus anda ketahui, ada sekolah-sekolah / jurusan secara khusus yang mengajarkan anda tentang dunia finance termasuk pemahaman tentang saham. Namun semua itu sifatnya adalah teoretis. 

Kalau anda mau benar-benar bisa dapat untung dan menjadi trader yang ahli, anda harus menjalani sendiri trading saham itu seperti apa. Pahami strategi2nya. Pahami psikologis dan mindset yang benar untuk trading. Baca juga: Strategi Trading Pemula - Expert. 

Apa yang anda pelajari di dunia pendidikan tentang saham, dalam praktikknya sangat mungkin akan berbeda penerapannya. Hal inipun sudah saya buktikan sendiri. Oleh karena itu, di pos ini saya sharing dan berani mengatakan bahwa: Sukses berbisnis saham tidak ditentukan dari latar belakang. 

Jika anda hanya berangan-angan mau sukses di saham, namun anda tidak mau berusaha, maka tidak peduli apapun latar belakang anda, anda tidak akan bisa mendapatkan apa yang anda harapkan. 

Artinya, tidak peduli anda adalah manajer, anda seorang sopir, anda direktur perusahaan, anda pengusaha, anda karyawan, anda buruh... Anda yang mau sukses di saham, yang perlu anda lakukan adalah TERJUN LANGSUNG untuk PRAKTIK TRADING /INVESTASI. 

Sukses di saham bukan dilihat dari latar belakang pendidikan, status sosial, jabatan. Sukses berbisnis saham ditentukan dari KEMAUAN anda. 

***Catatan: Banyak pemain saham yang berangan-angan pingin cepat kaya di saham tanpa usaha, akhirnya nekad gabung di rekomendasi, seminar yang harganya puluhan juta hanya supaya bisa tahu saham yang bagus tanpa harus analisa. Anda harus tinggalkan pemikiran seperti ini. 

Orang2 yang tidak punya latar belakang pendidikan yang tinggi pun memahami bahwa sukses di saham bukan didapatkan dengan cara yang instan, apalagi dengan berandai-andai kaya dalam sekejap. Semua orang yang sukses di saham mau praktik, mengatur psikologis dengan baik, bahkan rela menunggu saat saham belum naik sesuai harapan. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.