Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Terbaik Belajar Trading Saham

Tujuan anda belajar saham adalah untuk mendapatkan untung (profit). Entah anda trading jangka pendek ataupun investasi (jangka panjang) setiap dari anda yang terjun ke pasar saham pasti ingin untung. Bukankah begitu?

Satu-satunya cara agar anda bisa mendapat untung di saham adalah dengan MEMAHAMI dan MEMPRAKTIKKAN cara-cara alias bocoran strategi trading saham. Jadi sebelum anda trading saham, anda perlu banyak mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan: 

Strategi trading, cara menganalisa saham, pengalaman langsung trading, bagaimana cara mengelola psikologis yang baik di saham, cara memilih saham yang bagus, risiko dan logika main saham, konsep-konsep dasar saham, trading plan yang benar, cara memanajemen modal trading. 

Kalau anda mau belajar saham dan bisa mendapat untung yang konsisten dan bertahan dalam jangka panjang. Kalau anda ingin bisa memilah sendiri saham-saham pilihan anda, maka anda harus mencari materi-materi belajar saham yang mengarah langsung pada praktik trading, yaitu yang saya sebutkan diatas itu tadi. 

Anda hendaknya menghindari membeli buku-buku saham yang judulnya sangat bombastis dan menjual seperti: "Untung 100% tiap bulan", "Main saham bebas risiko", "Untung saham setiap hari", "Cepat kaya dari saham", "Dari modal Rp100 ribu jadi Rp380 juta"... 

Anda hendaknya menghindari mengikuti seminar2 berbayar yang menyajikan kalimat: "Cara untung saham tanpa rugi", "Untung dari saham hanya dengan 5 menit analisa", "Langsung profit hanya dengan sekali melihat grafik". 

Anda hendaknya menghindari membayar mahal untuk ikut grup2 premium saham yang menjanjikan anda dengan kata-kata: "Ikutilah rekomendasi real time pasti untung", "rekomendasi scalping menitan untung tiap hari", "Analisa saham pasti untung untuk anda yang tidak sempat menganalisa" dan lain-lain. 

Anda hendaknya juga menghindari ikut di grup-grup saham yang isinya hanya obrolan2 trader, curhatan2 trader, yang isinya adalah analis-analis dadakan karena itu cuma membuang waktu anda dan tidak menjamin anda profit.  

Nah, biasanya kalimat2 seperti ini hanyalah cara agar anda mau membayar lebih untuk membeli sistem trading mereka, seminar2 lanjutan, yang harganya jauh lebih mahal lagi. Apakah anda merasa untung dengan belajar saham seperti itu?

Kalimat2 yang bombastis yang anda temukan di kebanyakan materi-materi saham, biasanya sama sekali tidak memberikan edukasi pada anda tentang risiko trading, cara mengelola risiko, psikologis trading serta membentuk mindset trading

Kenapa saya menuliskan ini? Karena sekarang sangat marak ajakan-ajakan belajar saham dengan kalimat2 yang 'tidak rasional' ini, di mana anda justru tidak akan mendapatkan ilmu trading itu sendiri. Tetapi anda hanya akan keluar duit lebih banyak. 

"Terus Pak Heze, buku / ebook apa yang Pak Heze sarankan yang berisi strategi2 trading langsung dan cara memilih saham yang benar?" Tanya anda 

Kalau anda ingin bisa praktik trading, anda bisa lihat praktik-praktik saham secara lengkap yang bisa anda lakukan langsung dalam trading anda. Anda bisa menerapkan praktik-praktik trading yang benar disini: 


Disini anda akan langsung mempraktikkan strategi2 trading, pengalaman2 trading saya, membangun cara-cara trading supaya anda bisa mendapat profit konsisten. 

Jadi ibaratnya, saya tidak memberikan anda 'ikan', tetapi saya mengajarkan cara menangkap ikan yang benar, sehingga anda bisa menjadi trader yang mandiri dan mencetak  sendiri untung yang konsisten di saham. 

Materi-materi trading dapat dikatakan BERMANFAAT apabila anda bisa mempraktikannya terus-menerus, berulang-ulang. Setiap kali anda membaca materi yang sama berulang-ulang, anda selalu mendapatkan pencerahan-pencerahan baru buat trading anda. 

Nah, kalau setelah membaca materi2 trading, anda hanya diberikan janji-janji manis dan tidak memberikan solusi trading, maka itu bukan cara belajar saham yang baik. 

Sayangnya, para trader di Indonesia masih banyak yang gampang terjebak dengan janji-janji manis yang tidak rasional ini, sehingga tidak heran kalau banyak trader yang tidak membuahkan hasil yang memuaskan dari trading saham. 

Tentu saja ledepan, saya berharap agar anda mulai bisa membedakan mana belajar saham yang sesungguhnya, dan mana belajar saham yang hanya menjebak anda. Anda yang ingin mahir belajar saham, praktik trading itu harus anda lakukan dan terapkan sendiri. 

Sama seperti anda ingin jadi juara main musik.. Maka selain anda membaca buku-buku tentang musik, anda harus mempraktikannya terus-menerus. Kalau anda mau jadi juara di saham (dapat untung), anda harus baca praktik2 trading saham, plus anda menerapkannya. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.