Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

5 Cara Mencari Uang Dari Saham

SAHAM adalah salah satu instrumen yang bisa anda jadikan sebagai sarana untuk mendapatkan profit yang besar. Saham bisa anda jadikan sebagai tambahan penghasilan (part time trader) maupun penghasilan utama (full time trader).

Di web Saham Gain ini saya sudah pernah menuliskan beberapa strategi, baik anda yang mau jadi full time maupun part time trader. Anda bisa baca-baca lagi pos2 saya disini: Menjadi Full Time Trader, Main Saham: Penghasilan Utama atau Tambahan, Main Saham untuk Pekerja Kantoran.  

Penulis sendiri juga merupakan trader yang sudah cukup lama menggeluti dunia trading dan investasi. Dan selama masa2 berbisnis saham ini, saya bisa menyimpulkan bahwa saham memang bisa menjadi ladang profit yang besar. 

So, baik anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari trading maupun anda yang memiliki cita2 untuk mendapatkan penghasilan utama di saham, ada 5 cara mencari uang di saham yang bisa anda terapkan: 

1. Trading saham dan investasi saham 

Agar anda bisa mendapatkan uang di saham, tentu saja anda harus melakukan aktivitas jual beli di saham. Kalau anda ingin dapat uang di saham, maka anda harus melakukan aktivitas trading dan investasi saham. 

Anda yang ingin beli jual saham dalam jangka pendek, maka anda harus lakukan aktivitas trading (trading berarti anda beli saham saat turun, dan anda jual saat naik, dengan time frame / jangka waktu lebih pendek). 

Sedangkan anda yang ingin menjadi investor, anda harus melakukan investasi saham (jangka panjang). Artinya, anda yang menjadi investor, anda 'membeli perusahaan', yang fundamentalnya bagus. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari dividen maupun dari harga sahamya dalam jangka panjang. 

2. Diversifikasi portofolio 

Untuk mencari uang di saham, jangan lupa menggunakan strategi diversifikasi. Diversifikasi berarti anda membeli lebih dari satu saham. Seperti prinsip investasi: Jangan menaruh telor di satu keranjang. 

Hal ini bertujuan agar jika saham anda turun, anda masih memiliki saham lain yang bisa menghasilkan profit. Diversifikasi portofolio saham yang benar termasuk dalam bagian trading plan dan manajemen modal. Saya pernah membahasnya disini: Panduan Menyusun Trading Plan & Manajemen Modal. 

3. Menggunakan analisis saham yang benar 

Anda bisa mendapatkan keuntungan di saham jika anda menggunakan analisis saham dengan benar. Kalau anda mau trading, anda harus belajar banyak tentang analisis teknikal dan memahami grafik saham dengan benar. Baca juga: Belajar Analisis Teknikal Saham. 

Kalau anda ingin menjadi investor, belajarlah analisa fundamental. Jangan sampai anda melakukan analisis yang salah. Jangan sampai anda trading jangka pendek, tapi anda menggunakan analisis fundamental, atau sebaliknya. 

4. Membuat tujuan bisnis saham anda 

Buatlah tujuan bisnis saham anda. Apakah anda mau jadi trader atau investor, atau dua-duanya? Apakah anda mau jadi swing trader, trader harian atau trader jangka menengah? Anda harus punya tujuan2 ini. 

Dengan memiliki tujuan2 bisnis saham yang jelas, anda bisa lebih fokus untuk mempersempit target analisa yang anda gunakan, sehingga peluang anda mendapatkan profit akan lebih terbuka. Sedangkan kalau anda tidak punya tujuan2 bisnis saham yang jelas, anda akan sulut mencetak keuntungan di pasar saham.  

5. Belajar saham dari banyak sumber  

Anda yang belum yakin dengan trading maupun investasi saham, dan seluk beluk dunia saham, anda bisa belajar dahulu dari media2 yang membahas tentang saham. Di web Saham Gain ini, saya juga banyak sekali menuliskan strategi2 trading, dan pengalaman2 trading yang saya jalankan di pasar saham.

Semakin banyak anda belajar saham, anda akan lebih siap untuk trading ataupun investasi. Jangan nekad terjun ke pasar saham apabila anda belum memiliki bekal pengetahuan apapun. At least, ketika anda sudah berada di depan layar monitor saham, anda sudah tahu apa yang yang dilakukan. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.