Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Trading Saham dan Game

Trading saham itu ibarat tantangan yang harus anda selesaikan layaknya dalam sebuah permainan game. Membaca kalimat pembuka saya, sebagian besar dari anda mungkin akan langsung berkata: 

"Saham kok disamain sama game sih". "Saham itu bisnis bukan mainan." "Bisnis saham harus serius, nggak sama kayak main game".

Tunggu dulu, korelasi saham dengan game bukan berarti main-main nggak jelas. Tapi saya memberikan perumpamaan ini agar anda bisa lebih mendalami dunia trading melalui pengalaman anda sendiri, sehingga nantinya anda akan menjadi trader yang mahir. 

Game yang saya maksud disini bukan hanya video game, tapi mungkin lebih ke game-game seperti permainan outbond dan game lain yang sifatnya lebih kearah edukatif. 

Apa yang anda rasakan ketika anda bermain game yang anda suka? Anda akan merasakan enjoy, senang. Namun banyak manfaat lainnya, bahwa game ternyata juga membutuhkan srtategi untuk mengalahkan lawan, atau mencapai garis finish dengan risiko sekecil mungkin. 

Tentu saja untuk mencapai semua itu, anda butuh yang namanya STRATEGI. Ya, strategi anda butuhkan agar anda MENANG. Anda harus menjadi problem solver agar anda bisa menang di dalam sebuah game. Ketika dalam suatu permainan game, anda mengedepankan emosi, anda tidak akan bisa berpikir dengan jernih, dan pada akhirnya, (sangat mungkin) anda akan gagal dalam permainan game. 

Trading saham sebenarnya seperti permainan game, karena untuk menang alias dapat profit, anda butuh strategi. Anda harus tahu kapan momen yang tepat untuk beli saham. Anda nggak boleh kebawa emosi kalau anda mau untung. 

Anda harus tahu kapan anda menjual saham. Anda harus tahu kapan anda hold saham anda. Anda harus tahu apakah ketika saham anda turun anda cut loss atau tidak. Anda harus bisa melakukan kombinasi analisa teknikal untuk mencetak profit.   

Jadi kalau anda mau enjoy dalam bisnis saham anda, tradinglah ibarat anda sedang bermain game kesukaan anda. Karena ketika anda benar-benar suka di suatu bidang, disitulah anda akan terus penasaran, mencari solusi, berusaha untuk menang (profit) dengan kerugian yang sekecil mungkin. 

Hal ini saya alami sendiri. Saat anda suka dengan trading, dan menganggap trading saham sebagai tantangan yang harus diselesaikan, anda akan lebih termotivasi untuk terus belajar saham. 

Tapi coba bayangkan jika setiap hari anda stres mikirin saham. Anda galau kalau saham anda lagi turun. Anda nggak bisa move on dari kerugian anda. Maka anda akan terus 'dihantui' oleh rasa fear, sehingga anda tidak akan bisa mencari solusi dari permasalahan trading anda. Dan pada akhirnya anda tetap nggak bisa profit. 

Salah satu penyebab kenapa trader sudah trading katakanlah lebih dari 3 tahun tapi masih sering rugi, karena trader tidak bisa menikmati setiap step by step dalam trading. 

Saya sering menerima keluhan-keluhan trader yang tidak bisa move on dari kerugiannya di saham, banyak mengeluh karena nyangkut, sehingga trader tidak bisa mencari solusi dengan baik. Hal ini harus segera ubah.  

Kalau anda punya pengalaman yang sama, anda harus segera move on, bangkit lagi, dan buatlah setiap aktivitas trading saham menjadi momen yang enjoy, menyenangkan dan penuh tantangan untuk anda. Semakin jernih anda menganalisa, anda akan menemukan apa yang anda cari (profit dan sistem trading yang sesuai dengan karakter anda). 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.