Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Dasar-Dasar (Basic) Belajar Saham Pemula

Anda yang baru saja mengenal dunia saham, anda mungkin merasakan bingung, tidak tahu harus melangkah dari mana, dan belum paham harus memulai dari mana.  

Yap, sebagian besar pemula sering bingung menentukan step by step dalam belajar saham. Supaya anda bisa mulai belajar saham, di pos ini saya akan memberikan pengalaman cara belajar saham untuk pemula. Tentunya, disini saya akan memberikan pada anda basic-basic pertama yang paling penting untuk anda pelajari sebagai trader/ investor saham pemula. 

Apa itu basic-basic paling utama dalam belajar saham yang harus anda pelajari, agar anda bisa mengerti tentang trading saham adalah sebagai berikut: 

1. Membuka akun saham di sekuritas 

Jika anda mau belajar saham, maka langkah pertama anda harus buka akun saham di sekuritas. Nantinya anda akan dapat username dan password buat online trading (di software yang disediakan sekuritas). 

Terkait bagaimana cara daftar rekening saham di kantor sekuritas, sekuritas2 mana yang bagus, saya pernah membahasnya di EBOOK GRATIS yang saya terbitkan untuk anda. Anda bisa download free dan baca langkah2nya disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

2. Pahami keuntungan dan risiko bisnis saham 

Selama anda masih dalam proses belajar saham, anda harus benar2 banyak mempelajari hal2 yang terkait dengan saham. Misalnya, belajarlah risiko2 dalam trading itu seperti apa. Pelajari keuntungan2 dalam trading saham. Seringlah membaca tentang pengalaman2 trading.

Di web Saham Gain ini, saya juga memberikan banyak cerita dan pengalaman trading yang saya jalani di dunia saham. Kalau anda sering-sering membaca tentang dunia saham, dunia trading, anda tidak akan terlalu kaget ketika anda trading beneran, dan anda dapat berpikir lebih rasional dalam traidng. 

3. Pahami mekanisme perdagangan saham 

Trading saham berarti anda harus paham mekanisme yang ada dalam Bursa Efek, seperti jam trading Bursa, mekanisme beli-jual saham, auto reject, lot saham dan lain2. Jangan sampai anda membeli saham tanpa aturan Bursa, sehingga anda salah total dalam trading. Banyak trader yang nekad trading, padahal mereka belum tahu tentang mekanisme trading saham Indonesia.  

Di ebook ini: Ebook Saham, saya menuliskan panduan-panduan belajar saham pemula sampai level expert, sehingga anda bisa mempelajari step by step trading dengan lebih jelas. 

4. Pahami cara membaca software online trading anda

Setelah anda memahami mekanisme perdagangan saham, anda harus mulai pahami dulu fitur2 yang ada di online trading anda, supaya kalau nanti sudah trading, anda bisa familiar dengan tampilan2 di software.

Dan anda juga tahu menu2 apa yang harus anda buka untuk analisa saham. Di tiap sekuritas, pasti menyediakan manual book sebagai panduan untuk menginterpretasikan setiap menu di software trading.  

5. Pahami cara menganalisa saham 

Agar anda bisa untung dalam trading saham, anda harus mempelajari analisa-analisa yang dibutuhkan untuk trading. Kalau anda mau trading, anda harus mempelajari analisa grafik saham, indikator, volume, dan sebagainya. 

Analisa saham dapat mengarahkan anda untuk bisa mendapat PROFIT KONSISTEN di saham. Anda harus bisa menggunakan analisa teknikal dengan benar, agar profit anda juga maksimal. 

Disini: Ebook Analisis Teknikal Pemula - Master, saya memberikan banyak analisa dan praktik langsung untuk menerapkan strategi2 analisa teknikal yang paling efektif untuk memprediksi saham naik. 

Hal ini dikarenakan analisa teknikal sangatlah banyak, sehingga anda harus bisa memilah analisa teknikal mana yang benar2 efektif untuk membaca saham-saham yang bisa naik dalam jangka pendek. 

Lima hal ini adalah basic utama yang harus anda benar2 pelajari sebelum anda terjun ke dunia trading, agar anda tahu apa yang harus anda lakukan ketika anda sudah berada di depan layar trading anda. 

Anda yang ingin memantapkan langkah anda sebelum benar2 membeli saham, anda bisa mencoba dahulu virtual / demo trading. Anda bisa baca pos saya disini: Cara Trading dengan Virtual Trading. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.