Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Menemukan Indikator Trading Terbaik

Sebelum anda membeli maupun menjual saham, anda harus menggunakan indikator analisa saham, yang biasa kita kenal sebagai analisis teknikal. Jadi untuk mendapatkan profit yang maksimal di pasar saham, anda harus menemukan analisa teknikal yang terbaik unuk anda. Kalau anda sering berkunjung ke Saham Gain ini, saya pernah menuliskan tentang indikator terbaik. Anda bisa baca disini: Indikator Analisis Teknikal Terbaik.  

Di pos tersebut, saya menuliskan bahwa tidak ada indikator analisis terbaik yang bersifat mutlak. Indikator trading terbaik tergantung pada penggunanya. Jadi, indikator A mungkin sangat cocok untuk anda. Namun bisa jadi indikator A tidak cocok untuk trader lain. 

Lalu anda tanya kembali dengan penasaran: "Tapi Pak Heze, bagaimana cara menemukan indikator trading yang paling cocok untuk kita?"

Caranya? Anda harus riset sendiri. Artinya, anda harus praktik sendiri menggunakan indikator-indikator analisa teknikal yang ada. Dengan demikian, anda bisa tahu indikator trading apa yang cocok untuk anda sendiri. 

"Tapi saya sudah sering mencoba bermacam-macam indikator, dan rasanya nggak ada yang cocok untuk saya" Celetuk anda. 

Nah ini dia.. Jika anda sering mencoba 'bermacam-macam indikator', maka anda akan sulit untuk menemukan indikator terbaik. Apa alasannya? 

Kalau anda mau menemukan indikator trading terbaik, harusnya anda mencoba hanya satu atau beberapa indikator, bukan gonta-ganti indikator. Cobalah beberapa indikator saja, sampai anda benar-benar menguji apakah indikator tersebut terbukti menghasilkan profit untuk anda. 

Apabila indikator yang anda gunakan terbukti memberikan profit yang konsisten, lanjutkan. Kalau tidak, anda baru boleh ganti indikator yang lain. 

Jadi katakanlah anda mau menggunakan indikator moving average dan bollinger band. Gunakan terus kedua indikator itu, jangan ganti indikator lain sebelum indikator tersebut terbukti tidak memberikan keuntungan untuk anda. 

Penyebab trader suka gonta-ganti indikator adalah karena: NGGAK TELATEN. Trader nggak sabar pingin dapat untung di pasar saham. Akhirnya mereka berusaha untuk terus mencoba pakai macam-macam indikator, dengan harapan trader segera menemukan indikator yang bagus. 

Tapi cara ini sangat salah. Kalau sebentar-sebentar anda ganti indikator, anda tidak akan bisa melakukan riset maksimal terhadap indikator tersebut. Anda tidak akan tahu apakah indikator tersebut benar-benar bekerja untuk anda. Anda tidak akan memahami praktik indikator lebih dalam.  

Tidak sedikit trader yang saya temukan, masih belum bisa menemukan 'jati diri'-nya di dunia saham. Banyak sekali trader yang seharusnya mereka sudah berada di level intermediate (karena mereka sudah trading 3 tahun lebih), tapi masih nggak tahu indikator apa yang harusnya digunakan untuk trading. 

Walaupun secara teori banyak trader yang sudah menguasai semuanya, namun dalam praktikknya banyak yang belum mampu menemukan indikator trading terbaik. 

Jadi jika saya rangkum isi pos ini, cara menemukan indikator terbaik untuk trading adalah sebagai berikut: 

- Gunakan satu atau beberapa indikator SECARA KONSISTEN. Jangan terus berganti indikator, sebelum anda benar2 menguji keabsahan indikator yang anda pakai. 

- Anda boleh ganti indikator atau menambah indikator, kalau indikator yang anda pakai sebelumnya sudah tidak terbukti memberikan profit untuk anda / tidak cocok untuk anda. 

- Jika indikator yang anda pakai cocok, saya sarankan gunakan terus, pertajam terus indikator tersebut. 

- Jika anda sudah menemukan indikator trading yang cocok untuk anda, anda boleh melakukan riset lain, tapi tetaplah gunakan indikator yang sudah anda pakai. Karena indikator trading itu buanyaaak sekali. Anda capek sendiri jika terus mencari indikator yang perfect. Indikator yang sudah terbukti menghasilkan profit, harus tetap anda pertajam. 

Anda yang sedang bingung menemukan indikator trading terbaik untuk anda, padahal anda sebenarnya sudah paham teori2 dan cara baca indikator, cobalah cara-cara yang saya tuliskan di pos ini. Tips-tips ini sudah saya terapkan sendiri, dan cara ini terbukti bisa membuat view saya terhadap praktik2 indikator terbuka. Baca jug: Belajar Indikator Saham. 

Menemukan indikator trading terbaik adalah salah satu kunci untuk mendapatkan profit konsisten di pasar saham. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.