Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Harga Saham di Laporan Keuangan IDX

El Heze
Jika anda ingin mencari data historis harga saham perusahaan secara bulanan dan harga saham tahunan untuk analisa saham anda, anda bisa mencarinya di Ringkasan Kinerja Laporan Keuangan yang disediakan oleh situs IDX. 

Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah mencari harga saham di laporan keuangan IDX: 

1. Buka situs www.idx.co.id 

2. Kemudian buka menu Data Pasar --> Ringkasan Performa Perusahaan Tercatat. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tampilan dibawah ini: 


3. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini: 

(Klik gambar untuk memperbesar)

Untuk mencari data harga saham, anda tinggal mengetikkan kode saham yang anda inginkan pada menu "Search By". Kalau anda belum hafal kode perusahaan di Bursa Efek, silahkan googling.

4. Lalu ketikkan kode saham yang anda inginkan. Misalnya anda ingin mencari data harga saham PT Bank Niaga Tbk (BNGA). Ketikkan BNGA kemudian klik Cari. Perhatikan gambar dibawah ini: 


Kemudian akan muncul ringkasan performa BNGA. Untuk menampilkannya, anda tinggal klik 'Unduh' (perhatikan tanda yang saya beri lingkaran merah). 

5. Lalu akan muncul ringkasan harga saham perusahaan dalam file PDF. Biasanya ada di Halaman 2. Untuk lebih jelasnya perhatikan tampilan dibawah ini.

(Klik gambar untuk memperbesar)

Perhatikan pada trading activities, anda bisa melihat data historis harga saham secara bulanan dan tahunan (Desember) selama beberapa tahun. 

Itulah cara mencari harga saham perusahaan di situs IDX. Anda bisa mendapatkan data harga saham tersebut selama 3-4 tahun terakhir, dan harga saham yang ditampilkan adalah harga saham setiap bulan dan harga saham akhir tahun untuk harga tertinggi, pembukaan dan harga penutupan. 

Kemudian anda bertanya lagi: "Bung Heze, saya ingin cari data harga saham OHLC harian. Apakah bisa dicari di situs IDX tersebut?"

Situs IDX tidak menyediakan data historis harga saham harian. Anda sebenarnya juga bisa mencari data harga saham historis di situs Yahoo Finance. Anda bisa baca langkah-langkahnya disini: Cara Mencari Data Harga Saham Yahoo Finance. Perbedaannya, situs IDX lebih detail menyediakan ringkasan harga saham bulanan dan tahunan. Sedangkan pada Yahoo Finance, lebih detail menampilkan historis harga saham harian. 

Data harga saham ini mungkin akan berguna untuk anda yang ingin menganalisis candlestick harga saham secara real time selama periode waktu tertentu, untuk menguji sistem teknikal anda. 

Semoga bermanfaat.... 

25 komentar:

  1. kalo buat rumus PBV itu harga saham yg mana sih ka yg dipilih??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih yang harga saham penutupan (closing). Anda bisa pilih harga saham penutupan hari ini atau bulan2 tertentu sesuai dengan tujuan anda.

      Misalnya, anda mau hitung PBV saham selama satu tahun. Maka anda bisa pilih harga saham penutupan di akhir tahun Bursa tutup.

      Delete
    2. ka kalo data nya triwulan gmana ngelihat nya kak? data trkhr di bulan trsbt yah misal triwulan 1 kan jan-maret brrti ngelihat closing di bln maret?

      Delete
    3. Betul, kalau liat closing price triwulan 1, bisa lihat closing di tanggal 31 Maret. Kalau 31 Maret hari sabtu / minggu lihat tanggal sebelumnya

      Delete
  2. mau nanya, kalau cari net cash flow di laporan keuangan ini, yg mananya yaa.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Net cash flow bisa lihat di laporan arus kas. Rumusnya arus kas aktivitas operasi - arus kas aktivitas pendanaan - arus kas aktivitas investasi

      Delete
    2. Net cash flow juga bisa dilihatnya per aktivitas operasi (di laporan arus kas):

      Net cash flow dari aktivitas operasi
      Net cash flow dari aktivitas pendanaan
      Net cash flow dari aktivitas investasi

      Delete
  3. mau tanya kak, rumus harga saham gimana ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya kurang paham maksud pertanyaan anda. Bisa mohon diperjelas?

      Harga saham terbentuk murni dari permintaan dan penawaran pasar. Jadi kalau yang anda maksudkan adalah darimana rumus terbentuknya harga saham, maka tidak ada rumusnya

      Delete
  4. Saya ingin bertanya untuk mendapatkan data closing price pada ringkasan performa perusahaan situs IDX itu kan hanya bisa terlihat 3-4 tahun kebelakang saja. apakah ada cara untuk bisa mendapatkan data closing price lebih dari tahun tersebut (contoh >5 thn) ?

    ReplyDelete
  5. saya mau nanya kak, kalo untuk return saham liat nya yang mana ya kk ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Return saham data lebih lengkap bisa lihat di Yahoo Finance.

      Cara hitungnya lihat disini: http://www.sahamgain.com/2017/03/pengertian-return-saham-kegunaannya.html

      Delete
  6. saya mau nanya cari mencari data laporan arus kas nya dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal cari di laporan keuangan ada semua. Download dulu laporan keuangannya di situs IDX

      Delete
    2. iya, maksudnya cara cari data arus kas kan punya rumusnya, itu cara tau letak angka sesuai rumus gimana? kebetulan rumusnya itu AKO-PM-NWC/total asset

      Delete
    3. Aliran kas operasi (AKO) didapatkan dari arus kas bersih dari aktivitas operasi (laporan cash flow)

      Pengeluaran modal (PM) atau capital expenditure didapatkan dari 'Pembelian Aset Tetap' bisa berupa mesin, tanah, bangunan. Anda bisa cari di laporan cash flow bagian arus kas dari aktivitas investasi yang berkaitan dengan akun pembelian aset tetap

      Net working capital (NWC) / modal kerja bersih adalah selisih aset total - kewajiban total

      total aset lihat di laporan posisi keuangan (neraca)

      Delete
  7. kalou ingin lihat harga saham perusahaan secara update online kita masuk ke web apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya biasanya langsung lihat melalui software online trading sekuritas

      Delete
  8. saya mau tanya kan. untuk mencari pbv kan pakai nilai closing, jd kalo mau mencari nilai pbv per triwulan gmana ka? apakah sama dilihat dari (misal triwulan 1 di bln januari-maret, brrti yg lihat closing dibulan maret yah)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, kalau cari PBV per triwulan bisa dilihat dari closing akhir Maret-nya.

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.