Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Seberapa Besar Peran Analisa Teknikal Saham?

Di pos: Analisa Teknikal Vs Analisa Berita, saya menuliskan bahwa analisa teknikal adalah analisa utama yang hendaknya anda gunakan dalam trading saham. Sedangkan analisa-analisa lain di luar analisa teknikal juga penting, tetapi anda tetap tidak disarankan untuk mengabaikan analisa teknikal. 

Selama bertahun-tahun trading, saya bisa menyimpulkan bahwa untuk seorang trader, analisa teknikal adalah analisa yang paling penting dalam membeli dan menjual saham. Seberapa besar peran analisa teknikal dalam membantu trading? Ada beberapa poin penting terkait analisa teknikal yang bisa saya simpulkan:

1. Analisa teknikal adalah cerminan psikologis pasar 

Analisa teknikal bisa menggambarkan psikologis pasar yang terjadi saat itu. Pola-pola grafik yang terbentuk dan terulang, bisa digunakan untuk melihat apakah pelaku pasar cenderung buy atau sell. Sebagai contoh, pola candlestick doji yang terbentuk setelah harga saham turun drastis, dan didukung dengan indikator RSI yang masuk di area jenuh jual, bisa mengindikasikan psikologi pasar yang sudah jenuh jual. 

Artinya, mulai terjadi tarik menarik antara permintaan beli dan penawaran jual, yang sebelumnya didominasi oleh penawaran jual, sehingga harga saham ada potensi untuk rebound. Atau kalau harga saham turun lagi, penurunannya kemungkinan hanya beberapa poin saja. 

Sedangkan analisa2 lain selain analisa teknikal seperti analisa sentimen, January Effect, Sell on May dan lain2, tidak mampu digunakan untuk melihat psikologis pasar terhadap suatu saham. Analisa teknikal-lah yang bisa digunakan untuk itu. 

2. Analisa teknikal adalah alat prediksi harga saham 

Analisa teknikal sudah ditemukan jauh sebelum anda dan saya lahir. Sejak dahulu analisa teknikal diciptakan dengan tujuan untuk memprediksi harga. Bukan hanya harga saham saja tetapi juga harga komoditas dan harga mata uang (forex). Jadi kalau anda tanya gimana cara memprediksi harga saham? Maka jawabannya adalah dengan analisa teknikal. 


Dengan melihat grafik diatas yang dipadukan dengan stochastic, volume dan analisa grafik, anda bisa memprediksi harga saham dari banyak sudut pandang. Anda bisa mengatakan saham BMRI diatas harganya sudah terlalu tinggi karena stochastic sudah di area jenuh beli, harga saham sudah naik 3 hari dan volume masih kecil.

Anda juga bisa mengatakan saham BMRI ini akan turun ke support kuat 7.575. Anda juga bisa mengatakan resisten BMRI ada di harga 8.100. Anda bisa mengatakan dalam jangka panjang BMRI akan mampu menembus 9.000. 

You see? Dengan analisa teknikal, anda bisa mengembangkan banyak variasi untuk memprediksi harga saham. Itulah mengapa analisa teknikal perannya sangat besar dalam trading kita. 

Tanpa analisa teknikal, trader ibarat pergi ke medan pertempuran tapi tidak tahu cara menggunakan senjata. Dan semakin pengalaman anda, anda akan semakin jeli, mahir dan tenang dalam memprediksi saham dan menggunakan analisa. 

3. Analisa teknikal membantu anda melihat kecenderungan harga 

Dengan melihat grafik, anda bisa melihat apakah harga saham akan ke arah bullish (naik) atau bearish (turun) dalam jangka waktu tertentu. Anda bisa melihat harga saham sudah murah atau masih terlalu mahal. Satu candlestick, maupun grafik bulanan yang terjadi bisa berguna untuk melihat kecenderungan harga yang akan terjadi keesokan harinya.  

4. Analisa teknikal bisa digunakan untuk semua time frame 

Poin terakhir inilah yang membuat saya suka menggunakan analisa teknikal. Karena variasi analisa teknikal cukup banyak, anda bisa menggunakan analisa teknikal untuk trading pada jangka menengah, jangka pendek, bahkan jangka yang sangat pendek sekalipun (scalping trading).  

Empat peran penting analisa teknikal ini yang membuat trader bisa menggunakan analisa untuk membeli saham. Makna, strategi, analisis dan variasi analisa teknikal itu sangat dalam. 

Memang dengan analisa teknikal, bukan berarti anda pasti profit tanpa rugi. Namun dengan analisa teknikal, keputusan beli dan jual saham kita tidak akan ngawur. Keberhasilan dalam analisa teknikal juga sangat tergantung dari kemampuan anda mengelola psikologis dan membuat trading plan yang baik. Anda hanya perlu mengembangkan dan terus berlatih. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.