Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Belajar Saham, Apa yang Sudah Anda Dapatkan?

Di pasar saham, banyak sekali trader yang mengalami kerugian, tetapi sayangnya trader tidak tahu harus melakukan apa. Banyak trader yang rugi, kemudian mencoba mencari cara instan agar bisa profit lebih cepat, namun hasilnya sama saja. Banyak trader yang bertanya pada saya: "Bung Heze, gimana caranya main saham supaya bisa profit, karena saya rugi terus."

Kalau anda sering rugi main saham dan ruginya "konsisten", artinya anda harus melakukan evaluasi hasil trading anda. Tanyakan pada diri anda sendiri: Kenapa anda bisa rugi? Apakah karena masih belum pengalaman? Mungkin saja. 

Apakah karena terburu-buru membeli saham? Bisa jadi. Apakah karena anda belum menganalisa sebelum membeli? Mungkin. Apakah karena anda sering membeli saham di harga yang terlalu tinggi? Sangat mungkin.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang sering mengalami kerugian di pasar saham. Namun dengan mengevaluasi diri anda sendiri, anda bisa tahu apa yang menyebabkan anda rugi, sehingga anda tidak terjebak dalam lubang yang sama.

Saya pribadi sebelum bisa menulis blog ini dan berbagi banyak analisis saham pada anda, saya sudah mengalami jatuh bangun dalam trading saham, menglami market crash dan lain2. 

Nah, disinilah kemudian EVALUASI berperan penting. Saat saya mengevaluasi hasil trading, ternyata akan terlihat jelas mengapa saya rugi. 

Sehingga, dari waktu ke waktu trading saya bisa menghasilkan sesuatu yang lebih baik. Hasil trading yang lebih baik bukan hanya profit, tapi kemampuan membaca pasar, kemampuan wait and see alias kemampuan sabar menunggu momen, kemampuan meminimalkan kerugian.   

Nah jika anda tidak pernah melakukan analisis dan evaluasi pada trading anda, percayalah anda tidak akan pernah bisa mendapatkan apapun dari trading anda. Tidak sedikit trader yang sudah main saham sampai 5 tahun, namun masih sering sekali rugi, karena selalu mengabaikan peran evaluasi. 

Ingat, kemajuan trading yang anda dapatkan bukan diukur dari profit saja, namun juga diukur dari apa yang sudah saya tulis di 2 paragraf sebelumnya (yang saya beri underline).

Karena bisa saja mendapatkan keuntungan yang sangat besar pada periode waktu tertentu. Namun bisa saja keuntungan yang anda dapatkan hanyalah keberuntungan alias hoki saja. Dan apabila bulan-bulan berikutnya kembali rugi, ini berarti, anda tetap harus melakukan evaluasi. 

Jadi mulai sekarang, terutama untuk anda yang masih sering rugi, evaluasilah trading anda. Kemudian lihatlah perkembangan apa yang sudah anda dapatkan dari trading saham anda. Dengan cara inilah, trading anda bisa jauh lebih berkualitas.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.