Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

1 Lot Berapa Lembar Saham

El Heze
Anda yang baru saja belajar atau baru mengenal trading saham, pasti anda sering mendengar istilah "lot". Lot adalah satuan perdagangan saham. 

Pertanyaan, 1 lot saham = berapa lembar saham? 1 lot setara dengan 100 lembar saham. Sebagai contoh: 

Jika anda pegang saham 1 lot, maka jumlah lembar saham anda adalah 100 lembar 

Jika anda pegang saham 2 lot, maka jumlah lembar saham anda adalah 200 lembar

Jika anda pegang saham 10 lot, maka jumlah lembar saham anda adalah 1.000 lembar

Jika anda pegang saham 20 lot, maka jumlah lembar saham anda adalah 2.000 lembar

Dan seterusnya... 

Dahulu 1 lot adalah 500 lembar. Namun berdasarkan Keputusan Direksi PT Bursa Efek Indonesia, Kep-00005/BEI/01-2011, maka per 6 Januari 2014, satuan perdagangan saham di Indonesia sudah berubah, di mana 1 lot menjadi hanya 100 lembar saja. Tujuannya agar harga saham mudah dijangkau oleh orang-orang yang memiliki modal kecil, sehingga perdagangan saham jadi lebih likuid. 

Minimal pembelian saham di pasar reguler adalah 1 lot, tidak bisa kurang dari 1 lot. Jadi apabila harga saham ABCD Rp3.000, maka minimal pembelian saham adalah Rp3.000 x 1 lot x 100 lembar = Rp300.000. 

Ketika anda berbicara tentang lot perdagangan saham, maka kita tidak pernah lepas dari istilah fraksi harga saham. Mengenai fraksi harga saham, anda bisa baca penjelasnnya disini:  Arti dan Ilustrasi Fraksi Harga Saham

Itulah penjelasan tentang lot saham. Bagi anda yang masih pemula di dunia saham, baru pertama kali mendengar trading dan istilah "lot", di pos ini anda sudah mendapatkan penjelasannya. 

Bagi anda yang ingin belajar saham lebih dalam, step-by-step belajar saham mulai pemula sampai level expert (bisa trading otodidak dan menghasilkan profit konsisten), anda bisa mendapatkan materinya disini: Buku Saham.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.