Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Pola Harga Saham ANTM: Pola Doji dan Support yang Berulang

Saham ANTM yang saya perhatikan selama ini membentuk pola yang cukup unik. ANTM memiliki pola fluktuatif harga yang cukup tinggi, sehingga ANTM memiliki pola pergerakan yang berulang. Untuk lebih jelasnya, perhatikan pergerakan grafik ANTM selama 6 bulan dibawah ini.  


Perhatikan, pada grafik di atas ketika harga saham ANTM naik, ANTM akan koreksi dengan cepat. Setelah koreksi, ANTM membentuk doji dibawah (southern doji), perhatikan yang saya beri tanda lingkaran. Pola ini bukan hanya terjadi sekali saja pada grafik, tapi terjadi sampai 7 kali.

Setelah membentuk southern doji, 5 diantaranya berhasil rebound. Sedangkan 1 kali gagal rebound (perhatikan tanda persegi). Dan 1 lagi masih dalam pengujian (grafik terakhir saat saya menulis pos ini). Artinya keberhasilan ANTM rebound setelah membentuk pola doji setelah koreksi panjang diatas 70%. 

Catatan: Doji termasuk dalam salah satu pola candlestick yang bisa memprediksi arah harga saham. Mengenai pola-pola candlestick dan strateginya, saya bahas lengkap disini: Buku Saham.  

Kembali lagi perhatikan grafik diatas, ketika ANTM sudah naik kencang2nya diatas 750, ANTM akan koreksi cepat sampai harga 680-700. Setelah itu, ANTM sering membentuk pada kisaran harga tersebut dan ANTM mampu rebound lagi sampai kisaran 740-760. Baca juga: Kegunaan Mengamati Sistem Antrian Bid-Offer Saham.  Kalau anda menemukan pola yang serupa pada suatu saham di kemudian hari, anda bisa langsung take action. 

Dalam menganalisis saham, anda harus jeli melihat titik support, resisten, dan pola yang terbentuk pada grafik saham. Analisis2 seperti inilah yang bisa menjadi acuan anda dalam trading. Memang di pasar saham tidak ada yang pasti, tetapi at least, analisis yang jeli akan lebih membawa anda pada profit yang lebih baik dan membuat anda bisa menghafalkan pola saham2 tertentu yang sering anda amati. 

Jadi ketika menganalisis grafik, ada baiknya anda melihat historis harga saham tersebut. Gunakanlah chart 3 bulan, atau lebih baik jika menggunakan chart 6 bulanan (daily chart). Dengan cara tersebut, anda bisa melihat pola2 dan support-resisten yang terbentuk pada saham tersebut. 

Yang saya tulis di pos ini adalah analisa harga saham ANTM. Tetapi, dari pola ini anda bisa mempelajarinya untuk saham2 yang lain juga. Saham2 yang membentuk pola support yang mirip dan terus berulang, biasanya adalah saham2 yang memiliki potensi naik ketika harganya sudah turun lagi di support tertentu. 

Oke sampai disini tulisan dan analisis saya, sampai bertemu di tulisan saya yang lain.. Sekarang saatnya anda praktik.. Salam profit.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.