Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mengetahui Kinerja Keuangan Perusahaan

El Heze
Kinerja keuangan perusahaan adalah sesuatu yang wajib diketahui oleh seorang investor saham agar investor mampu memetakan analisis fundamental dengan baik. Mengenai analisis fundamental saham anda bisa belajar di web Saham Gain. Baca pos: Belajar Analisis Fundamental Perusahaan. 

Cara mengetahui kinerja keuangan perusahaan tentu saja dilakukan dengan melihat laporan keuangan perusahaan tersebut. Untuk mendapatkan laporan keuangan perusahaan, anda bisa membaca artikelnya disini: Cara Mendapatkan Laporan Keuangan Perusahaan. 

Informasi2 yang ada dalam laporan keuangan bagi sebagian calon investor mungkin terlalu padat. Anda mungkin hanya membutuhkan informasi2 tertentu yang penting untuk dijadikan patokan untuk menilai kesehatan keuangan perusahaan, seperti persentase utang terhadap ekuitas, likuiditas perusahaan, price earning ratio dan lain2. 

Sebagai calon investor, pihak Bursa Efek sebenarnya sudah menyediakan laporan ringkas (berasal dari ringkasan kinerja dalam laporan keuangan perusahaan) yang memuat informasi2 penting mengenai fundamental perusahaan. Informasi2 ringkasan yang disajikan tentu bukan dibuat asal2-an, namun sudah mempertimbangkan aspek2 yang dapat membantu investor, dalam memetakan kinerja dan prospek perusahaan lebih lanjut. 

Kalau anda ingin mengetahui kinerja keuangan perusahaan lebih rinci beserta rasio2nya, anda bisa mencarinya melalui situs IDX. Berikut langkah2-nya.

1. Buka www.idx.co.id

2. Pada bagian kiri website, klik menu Publikasi --> Ringkasan Kinerja Perusahaan Tercatat


3. Setelah itu, anda bisa langsung download perusahaan yang anda ingin analisis. Disini saya akan menunjukkan contoh PT Adhi Karya Persero Tbk (ADHI).     



Pada ringkasan kinerja keuangan perusahaan yang diterbitkan oleh IDX, anda bisa melihat dan membandingkan tren kinerja keuangan perusahaan selama 5 tahun kebelakang. Anda juga bisa melihat rasio2 kesehatan keuangan perusahaan, seperti rasio lancar, DER, ROA, ROE. Anda juga bisa membandingkan PER perusahaan dengan PER industri, untuk menilai mahal-murahnya harga saham perusahaan. 

Rasio2 keuangan dan ringkasan laporan kinerja keuangan yang disusun oleh tim Bursa Efek ini merupakan ukuran2 yang benar2 dapat digunakan untuk memetakan prospek perusahaan. Jadi bagi anda yang sedang ingin memetakan tren kinerja perusahaan selama beberapa tahun, anda bisa download data perusahaan di IDX.. 

Selamat mencoba dan salam profit.... 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.