Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Perbandingan Bursa Saham Zaman Dahulu vs Bursa Saham Sekarang

El Heze
Bursa saham dari masa ke masa pasti akan semakin mengalami pergerakan yang cepat. Perkembangan zaman yang semakin maju membuat semakin banyak perusahaan yang melantai di Bursa saham, dan semakin banyak pemain saham yang masuk di Bursa. Dengan bertambahnya kuantitas tersebut, pasti reaksi pasar akan semakin sensitif terhadap berita2 yang dapat mempengaruhi saham. 

Kalau anda trading sejak setelah masa krisis moneter 1998, anda akan melihat sebuah perbedaan yang besar antara bursa saham zaman dahulu dan zaman sekarang. Di mana perbedaannya? 

Bursa saham zaman dulu pergerakannya tidak 'segila' sekarang. Zaman dulu pergerakan harga saham jauh lebih 'smoot' dan pasti. Saya nggak bilang kalau zaman dahulu anda pasti lebih gampang dapat profit, tetapi zaman dahulu memang pergerakan pasar saham nggak 'sefluktuatif' sekarang. 

Pergerakan saham2 blue chip zaman dulu juga jauh lebih enak dan nyaman untuk ditradingkan. Guncangan2 politik dan ekonomi juga tidak sebanyak seperti saat ini. Sehingga, wajar saja jika saham blue chip memiliki pergerakan yang lebih pasti dan lebih mudah ditebak. 

Kalau tidak percaya, coba saja amati saham2 seperti UNVR, ASII, BBRI, INDF pada saat tahun sekitar 2005. Lalu, bagaimana dengan bursa saham sekarang ini? 

Seperti yang saya tekankan di paragraf awal, bursa saham semakin kedepan pasti akan semakin banyak fluktuatif harga. Pasar akan lebih sensitif dengan sentimen2 yang dapat mengguncang pasar. 

Oke, lalu untuk apa tujuan saya menulis pos ini?

Saya menulis pos ini dengan tujuan agar lebih waspada dalam trading. Artinya begini, kalau anda sering mendengar kisah sukses pemain saham yang sukses di masa lampau, anda jangan terlalu berharap akan mendapatkan kesuksesan yang sama seperti mereka.

Memiliki impian dalam trading itu sangat perlu, tetapi anda nggak boleh terpaku, karena apa yang terjadi di market masa lampau tidak sama dengan masa sekarang. Jika anda ingin main saham, siapkanlah trading plan, siapkanlah manajemen modal dan psikologi trading yang baik. 

Walaupun anda sudah waspada seperti apapun juga dan memiliki trading plan sebagus apapun, memang tidak menjamin anda 100% profit, tetapi dengan memiliki trading plan anda bisa memiliki jalur trading yang jauh baik. Perlahan, anda akan bisa mencetak profit yang lebih baik dan menjaga modal anda. 

Di satu sisi, pasar saham yang semakin ramai ini adalah peluang yang SANGAT BESAR bagi anda yang ingin main saham. Dengan beragamnya pilihan saham dan ramainya Bursa saham (apalagi Bursa saham Indonesia sekarang masih sangat kecil dibandingkan Amerika, China, Singapura, Malaysia), anda punya peluang untuk meningkatkan nilai investasi saham anda sedini mungkin.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.