Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Penyebab Trader Sulit Mencetak Untung Besar dari Saham

Saya pernah merekomendasikan watchlist saham PWON pada teman-teman trader di Facebook Belajar Saham. Saat PWON menyentuh support 600, saya mulai memberikan "notif" untuk nyicil sahamnya dan target take profit di kisaran harga 640. Ternyata PWON terlihat sulit naik.

Walaupun PWON tidak turun dari level 600, tetapi PWON terlihat bergerak di rentang 605-610 terus. Perlahan PWON bisa bergerak ke harga 615-620. Saat itu mulai banyak trader yang sudah nggak sabar dan bertanya:

"Bung Heze, PWON kapan ya naiknya kok gerak selama beberapa hari ini"

" PWON nggak ada tekanan beli Bung Heze, sudah nggak meyakinkan"

Saya menjawab: "Tunggu saja.. Udah mulai uget-uget di harga 615-620.. Kayaknya bisa mulai naik lagi."

Saat itu  ternyata sudah banyak trader yang "menyerah" dan akhirnya jual di harga 615, ada yang take profit di harga 620. Keesokan hari ternyata PWON naik dengan cepat sampai harga 635-640. Bagaimana dengan trader yang sudah menjual di 615 dan 620? Ya tetap saja profit, tapi profitnya tentu nggak sebesar kalau trader jual di 635-640.

Dengan kata lain, kalau trader mau lebih SABAR menunggu, trader bisa jual di harga yang lebih tinggi dan profit bisa lebih besar. Jadi penyebab trader sulit mencetak profit besar dari saham salah satunya dikarenakan: Trader tidak sabar menunggu.  

Harga saham baru naik sedikit langsung dijual. Tapi kalau harga saham turun banyak didiamkan saja. Giliran sahamnya anjlok baru melakukan cut loss. Ingatlah bahwa harga itu akan fluktuatif. Terkadang anda tidak bisa memastikan apakah saham yang anda beli pasti langsung naik dengan cepat. Ada kalanya anda harus menunggu baru harga saham naik. 

Itulah yang namanya trading..  Anda tidak bisa menyetir market, anda yang harus mengikuti market. Kecuali jika anda melihat pola saham atau adanya berita yang menyeret jatuh harga saham anda, ya anda bisa jual sahamnya dulu dan beli lagi di harga bawah. Tetapi selama anda membeli saham dan anda ada keyakinan naik, so tahan saja sahamnya supaya anda bisa menjual di harga atas. 

Jadi ingatlah, salah satu kunci kesuksesan trader adalah trader harus memiliki kesabaran dalam menunggu saham. Saham yang naik sedikit memang terkadang menggoda untuk dijual. Tapi bukankah lebih baik kalau anda mau menunggu sedikit saja dan bisa menjual di harga atas? 

3 komentar:

  1. Kalo ga sabar sama PWON , bole coba AISA dan babak belur deh bareng saya ..hehehe....

    ReplyDelete
  2. Bung Heze , saya tertarik banget sama ACES yg strong uptrend, mau saya swing aja sekira sebulan , masuk di brp ya bagusnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ACES masih bagus untuk swing.. bisa mulai masuk kalau tembus 1.145-1.150

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.