Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Belajar Candlestick Saham: Candlestick adalah Cerminan Sinyal dan Psikologis Pasar

Dalam trading saham ada satu analisis yang tidak boleh anda lupakan selain grafik, yaitu analisis CANDLESTICK. Candlestick memang terlihat sederhana karena hanya terdiri dari empat komponen harga, yaitu: Open (harga pembukaan), High (harga tertinggi), Low (harga terendah) dan Close (harga penutupan). 

Nah, tetapi kalau anda kupas lebih dalam candlestick yang bentuknya terkesan sederhana sebenarnya justru bisa menggambarkan sinyal beli dan sinyal jual. Berikut adalah beberapa fakta keunggulan candlestick dalam trading saham yang perlu anda ketahui: 

1. Harga OHLC Candlestick mencerminkan keinginan pasar yang terjadi pada saat itu (tekanan beli atau tekanan jual)

2. Candlestick bisa berfungsi sebagai support dan resisten dalam grafik

Adanya upper shadow dan lower shadow yang terbentuk pada candlestick bisa mengindikasikan titik-titik support dan resisten yang bisa tersentuh oleh pergerakan harga selanjutnya. 

3. Candlestick bisa mempelajari "emosi manusia" yang tercermin dari pola pergerakannya di dalam grafik saham dalam rentang waktu tertentu. Kalau anda perhatikan, pola pergerakan grafik saham terbentuk karena adanya candlestick yang membentuk atau terdiri dari banyak formasi. 

Saya pribadi juga sudah menggunakan analisis candlestick ini juga berkali-kali memperoleh profit dari kombinasi analisis candlestick. Sekali lagi, candlestick kelihatannya sangat dasar dan sederhana. Tetapi analisis ini bisa mencerminkan sebuah sinyal.  

Jadi, dalam pengambilan keputusan trading saham anda diharapkan bisa membaca analisa candlestick yang mampu memberikan sinyal beli dan sinyal jual. Bukan hanya melihat grafik dan indikator. 

"Pak Heze, berarti apakah hanya dengan candlestick saja kita sudah bisa memprediksi arah pergerakan harga saham?" Tanya anda

Jawabannya bisa. Asalkan anda mengetahui pola-pola candlestick, terutama kombinasi pola candlestick yang bisa memberikan sinyal yang tepat. Akan tetapi, sama seperti analisis teknikal pada umumnya, akan lebih baik apabila anda memadukan analisis-analisis yang ada untuk memberikan kepastian sinyal beli dan jual. 

Terkait analisa candlestik sebagai sinyal beli dan jual, saya membahas secara komplit pada satu paket ebook, termasuk juga analisa candlestick yang digunakan untuk membaca saham-saham downtrend yang potensial rebound. Anda bisa mendapatkannya disini: Buku Saham. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.