Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Main Saham Pemula, Menengah, Expert: Sampai Dimanakah Level Anda?

Di pos Saham Gain ini saya sempat menulis tips-tips belajar saham untuk level pemula, menengah dan expert. Anda bisa baca-baca lagi tulisan saya Disini, Disini dan Disini. dari pos tersebut ternyata ada rekan yang bertanya pada saya:

"Pak Heze, memang seorang pemain saham bisa dikatakan pemula, menengah dan ahli itu kalau main saham dalam jangka waktu minimal berapa tahun?"

Jawaban ini harusnya menyesuaikan dengan pengalaman anda masing-masing. Anda yang sudah bermain saham 10 tahun belum tentu bisa dikatakan seorang pemain expert (jago). Kalau anda belum bisa meraih cuan yang konsisten, maka anda belum bisa dikatakan sebagai pemain saham yang ahli.

Demikian juga seseorang yang baru trading 2 tahun mungkin sudah bisa dikatakan sebagai pemain saham level menengah kalau anda bisa mengelola emosi dengan baik dan sudah mulai bisa memperbaiki hasil transaksi anda lebih konsisten. 

Walupun anda sudah main saham selama 5 tahun, namun jika anda tidak mempelajarinya secara rutin, maka bisa jadi anda masih berada di level pemula. Jadi ketika anda sudah trading dalam jangka waktu yang lama, jangan berpikir anda adalah seorang pemain saham yang sudah ahli. 

Perkembangan anda dalam main saham bisa dilihat dari seberapa besar kemampuan anda dalam mencetak profit konsisten dan mengembangkan sistem trading anda. Semakin mampu anda mencetak profit yang konsisten dan menekan kerugian sekecil mungkin, anda bisa dikatakan sudah naik level. 

Jika anda sudah trading beberapa tahun tetapi anda masih sering rugi, berarti anda harus membenahi sistem trading anda. Atau, anda harus mempertimbangkan kembali apakah main saham adalah bidang yang cocok untuk anda.  

Jadi, anda bisa dikatakan masih pemula, menengah atau sudah pemain saham expert bukan hanya dilihat dari seberapa lama anda main saham (berapa tahun). Tetapi level main saham anda bisa dilihat dari perkembangan skill anda. Dan meskipun anda sudah pemain saham expert, anda tetap harus terus belajar main saham dan mengasah kemampuan anda.  

Sebagai pemain saham, sampai dimanakah level anda?   

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.