Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Main Saham: Beli, Jual dan Menentukan Posisi

Di pos ini: Cara Main Trading Saham,  saya sudah menjelaskan langkah-langkah cara main saham, hingga tampilan software saham online. Jadi, bagi anda yang ingin main saham kini anda sudah paham bagaimana harus memulai cara trading saham. Nah, di pos ini saya akan menjelaskan apa yang harus anda lakukan setelah anda sudah mengearti cara main trading saham. 

Main saham secara sederhana merupakan kegiatan jual beli saham yang bisa anda lakukan dengan cara "sekedar" klik tombol keyboard anda. Berikut adalah cara main saham:

1. Pilihlah jenis saham yang ingin anda beli. Di bursa efek sampai saat ini ada lebih dari 500 jenis saham. Pilihlah salah satu kode saham yang ingin anda beli. Kode saham di bursa efek terdiri dari 4 kode (misalnya LSIP, JPFA, PPRO, ANTM).

2. Lalu perhatikan grafik saham tersebut. Jika pergerakan grafik menunjukkan kenaikan harga, anda bisa membeli sahamnya. Strategi trading dan mendapat profit di saham, anda bisa mendapatkan materinya disini: Buku Saham

3. Ketika memutuskan membeli jangan lupa: Anda mau beli berapa banyak (lot), berapa modal yang anda miliki. Jangan menggunakan dana margin. Baca juga: Margin Trading untuk Profit lebih Besar.  

4. Setelah anda membeli saham, maka langkah selanjutnya harus anda lakukan adalah anda harus menentukan: 

- Berapa lama mau pegang saham?
- Pada harga berapa take profit
- Jika saham anda turun, anda mau cut loss di harga berapa

Jangan sampai anda membeli saham tetapi setelah itu tidak tahu apa yang harus dilakukan. Setelah membeli saham, anda harus tahu anda mau menjual saham di harga berapa, dan apa yang harus anda lakukan jika saham anda turun. Baca juga: Ciri-ciri Trader yang Tidak Punya Trading Plan

5. Jika harga saham naik, maka saatnya anda merealisasikan keuntungan (sell). Sebaliknya, jika harga saham anda turun dan tidak sesuai harapan, maka saatnya anda cut loss. 

Itulah cara sederhana main saham, yaitu membeli, menjual dan menentukan posisi. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.