Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Siapa yang Dimaksud dengan Insider Trading?

El Heze
Pernahkah anda mendengar istilah 'insider trading'? Pergerakan harga saham di pasar modal sangat memungkinkan dipengaruhi oleh aktivitas insider trading yang memainkan dan menjaga harga saham. Jadi, siapakah insider trading itu? Apakah mereka sama dengan bandar? Baca juga: Bandarmologi Saham: Siapa itu Bandar? Bagaiaman Cara Bandar Menggoreng Saham?

Insider trading sesuai artinya sebenarnya merupakan 'orang dalam perusahaan'. Nah, orang dalam perusahaan itu bisa merupakan karyawan, manajemen atau setara level manajemen, direksi perusahaan. Tetapi, orang dalam perusahaan ini memiliki peran dalam hal memainkan harga saham. 

Lho, bukannya direksi perusahaan itu nggak boleh ikut memainkan harga saham perusahaan ya? Tanya anda penasaran

Sesuai kode etik memang direksi perusahaan tidak diperbolehkan untuk trading di saham sendiri. Tetapi direksi tetap bisa main saham dengan menggunakan akun atas nama keluarga. Jadi, asalkan bukan atas nama sendiri, direksi biasanya bisa memiliki 'status' insider trading. 

Namun, ada beberapa perusahaan di mana direksi tidak campur tangan secara langsung dengan harga saham. Direksi bisa memerintahkan orang dalam (insider trading) untuk menjaga harga saham di level tertentu, supaya tidak anjlok terlalu dalam. 

Insider trading yang berperan menjaga, menaikkan atau menurunkan harga saham secara drastis biasanya terjadi pada saham-saham perusahaan yang kurang likuid (walaupun tidak selalu). Kalau saham perusahaan terlalu likuid, tentu sulit bagi insider trading untuk memainkan dan memasang harga sesuai keinginan mereka. 

Anda mungkin sering melihat saham-saham tertentu yang harganya terkesan selalu dijaga. Atau bahkan saham-saham tidak likuid yang hanya ada antrian beberapa lot saja dengan spread yang besar. Nah, kemungkinan ini adalah salah satu praktik insider trading. 

Insider trading juga bisa memiliki peran menggoreng harga saham. So, kalau anda menemukan saham yang sedang digoreng, bisa saja insider trading memiliki keterlibatan. 

Jadi, apakah insider trading ini adalah bandar? Jawabannya kemungkinan besar iya. Insider trading tidak menutup kemungkinan bekerja dengan bandar, karena insider trading yang memiliki informasi lebih banyak mengenai perusahaan, bisa lebih leluasa untuk memainkan harga saham.

Itulah penjelasan mengenai insider trading. Salam belajar saham.....

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.