Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Lo Kheng Hong dan Cara Profit dari Saham PTRO - Part II

El Heze
Baca pos sebelumnya: Lo Kheng Hong dan Cara Profit dari Saham PTRO - Part I. Di part I saya sudah menjelaskan 2 strategi yang digunakan LKH untuk membeli saham PTRO. Nah, di part II, saya akan menjelaskan satu strategi lagi yang digunakan LKH yang bisa meraup profit 45 miliar dari PTRO. Strategi apakah yang ketiga tersebut?

Jawabannya: Kesabaran. Seorang investor harus memiliki kesabaran yang SUPER SANGAT LUAR BIASA. Mengapa demikian? Karena investor orientasinya adalah jangka panjang. Jadi, investor harus memiliki keyakinan bahwa selama perusahaan tersebut masih prospek dan harga sahamnya punya potensi naik (walaupun saat ini harganya turun banyak), investor tidak boleh melakukan cut loss.  

LKH berani melakukan averaging down PTRO dalam jumlah yang besar banget karena LKH memang yakin bahwa PTRO memiliki prospek yang masih sangat baik. Hanya tinggal menunggu waktu saja. LKH punya prinsip bahwa perusahaan yang bagus, harga sahamnya nggak selamanya akan turun.

Disaat para trader lainnya takut dan panic selling menjual sahamnya rugi / cut loss (PTRO memang turun dari harga 4.700 sampai harga 200), LKH justru melakukan averaging down. Dengan kata lain, seorang Lo Kheng Hong ini sesungguhnya "memannfaatkan" para pemain saham yang gampang panik, takut, nggak sabaran untuk meraih profit maksimal.

Ingat quote Waaren Buffet: Pasar modal adalah tempat memindahkan uang dari orang yang nggak sabaran ke orang yang sabarAveraging down yang dilakukan LKH bukanlah strategi sembarangan. Kalau seorang investor tidak sabaran, grusa-grusu, keburu jual saat sahamnya turun, maka LKH tentu tidak akan mampu mencetak profit yang spektakuler. 

Investor saham sama sekali tidak perlu memperhatikan fluktuatif harga saham jangka pendek. Harga saham pasti akan selalu naik dan turun, namun investor harus rasa optimis dengan analisisnya bahwa tren jangka panjang, harga saham tetap akan naik. 

So, pada pos ini saya ingin menekankan pada anda: Kalau anda memang memiliki niat besar untuk jadi investor saham, anda setidaknya harus menerapkan prinsip investasi yang dimiliki Lo Kheng Hong, seperti yang sudah saya tekankan di Part I dan Part II pos ini. Satu hal terpenting kalau anda mau jadi investor adalah: Anda harus sabar dan nggak boleh gampang panik. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.