Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Waspadai Gap Up Saham PTBA

Sentimen positif sektor batu bara kembali membuat saham PTBA terus menguat dalam jangka pendek. PTBA terus menguat selama 4 hari mulai dari harga 10.000 hingga 10.500. Penguatan saham PTBA juga didukung oleh penguatan beberapa saham lainnya di sektor sejenis, contohnya: BUMI dan HRUM. Perhatikan grafik PTBA dibawah.


PTBA tampak terus menguat. Namun, kalau anda perhatikan terjadi gap up PTBA pada tanggal 15 Maret 2017 dan 16 Maret 2017.  Gap up terjadi di rentang harga 10.975-11.125 (perhatikan tanda lingkaran). Nah, setelah terjadi gap up, PTBA tampak sideways selama 4 hari di rentang harga 11.500.

Melihat pola PTBA, saham PTBA rentan koreksi jangka pendek, karena PTBA selama 4 hari sudah sulit naik lagi (setelah sebelumnya rebound cepat). Hal ini tampak dari PTBA yang sudah sulit naik lagi dan sempat membentuk doji. Di satu sisi, volume PTBA juga mulai kecil. Menunjukkan minat pelaku pasar yang semakin kecil.

Adanya gap up pada saham PTBA menjadi level support sekaligus level koreksi selanjutnya. PTBA diperkirakan akan segera koreksi ke level gap upnya di 10.975-11.125. Pada umumnya, gap yang yang terjadi pada sebuah saham akan tertutup terlebih dahulu.

Sehingga, adanya gap up pada PTBA dan mulai sulitnya saham PTBA naik membuat PTBA rentan koreksi. Bagi anda yang ingin buy PTBA, bisa coba buy lagi beberapa poin dibawah harga gap, atau anda bisa membeli lagi ketika sudah turun di harga gap-nya.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.