Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Seleksi Saham-saham Di Bursa Efek Indonesia - Part I

El Heze
Banyak sekali rekan-rekan trader yang bertanya ke saya:

"Bung Heze, gimana caranya saya memilih saham-saham di Bursa Efek yang bagus untuk di tradingkan. Di Bursa Efek kan ada lebih dari 500 saham. Bagaimana cara menyeleksinya?" 

Kalau anda bertanya bagaimana cara memilih saham2 yang bagus, biasanya jawabannya saya pukul rata: Semua tergantung dari cara anda masing2, karena hanya anda yang tahu apa yang terbaik untuk trading anda. Masalahnya, hanya anda yang tahu anda mau simpan satu saham sampai berapa lama.

Ada trader yang ingin menyimpan saham hanya untuk beberapa menit saja (scalping). Ada trader yang ingin bermain saham untuk jangka waktu beberapa hari. Ada yang ingin trading mingguan. Ada trader yang ingin trading beberapa bulan. Ada yang ingin menjadi investor saham. Semua ini berkaitan dengan TIME FRAME (jangka waktu).

Time frame trading akan sangat menentukan cara anda dalam menentukan saham-saham yang paling bagus untuk anda tradingkan. Scalping trader akan terus mencari saham-saham yang bisa ditradingkan untuk durasi menitan. Seorang intraday akan mencari saham2 yang bisa naik cepat hanya dalam waktu satu sampai tiga hari saja. 

Seorang swing trader akan mencari saham2 yang bisa naik dalam jangka waktu mingguan-bulanan. Dan seorang investor akan mencari saham-saham yang punya prospek bagus, bukan dari analisis teknikal jangka pendek.   

Jadi, dari tulisan saya di pos ini, saya rasa anda sudah bisa menyimpulkan: Semua orang memiliki cara yang berbeda dalam menentukan / melakukan seleksi saham2 yang cocok dan aman untuk ditradingkan, karena time frame trading anda dengan saya, anda denganorang lain belum tentu sama.  

Tapi Bung Heze, seumpama saya adalah seorang intraday trader, bagaimana cara agar saya bisa menentukan saham2 yang bagus dan aman untuk saya tradingkan selama satu-tiga hari? Tanya anda

Mau tahu jawabannya? Bagaimana cara melakukan seleksi saham2 di Bursa Efek agar anda mendapatkan saham yang bagus untuk anda tradingkan? Di pos ini, anda sudah mendapatkan satu poin penting: Sebelum anda menentukan saham2 yang bagus untuk anda tradingkan, anda harus tahu terlebih dahulu tipikal trading anda. 

Nah, jika anda sudah mengetahui tipikal anda, maka anda harus mulai melakukan seleksi saham2 yang bagus. Baca kelanjutan pos ini: Cara Seleksi Saham-saham Di Bursa Efek Indonesia - Part II

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.