Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Target Untung Main Saham - Part II

El Heze
Baca part sebelumnya: Target Untung Main Saham - Part I. Mengapa anda perlu menetapkan target laba seperti yang saya paparkan di Part I? Jika anda sudah menetapkan target profit selama satu bulan 3juta dan anda sudah mendapatkannya sebelum akhir bulan, anda harus berhenti trading. 

Hal ini ditujukan untuk meminimalisir risiko2 yang tidak diinginkan. Risiko apakah itu? Pertama risiko turunnya harga saham. Kalau target profit anda sudah terpenuhi dan anda ngotot ingin trading lagi karena ingin untung lebih besar, maka hal ini sama saja anda meningkatkan risiko trading anda.  

Harga saham itu fluktuatif dan terkadang sering tebakan anda salah. Kalau anda sudah untung dan masih ingin beli saham terus, ternyata harga saham anda malah turun dan anda harus cut loss, maka keuntungan anda akan berkurang

Kedua, risiko pemain saham untuk menjadi tamak / serakah. Setiap pemain saham (anda dan saya), akan selalu memiliki sifat ingin profit terus. Ketika trader sudah untung dan masih ingin profit terus, maka keputusan trading bisa menjadi subjektif. 

Akhirnya, karena sifat tamak tersebut, keuntungan yang diperoleh bisa saja malah berubah menjadi rugi. Kejadian seperti ini sudah buanyaaak sekali saya temui. Jadi, kalau anda sudah bisa profit sesuai target anda di bulan berjalan, ada baiknya profit anda segera anda withdraw (cairkan) ke rekening anda. 

"Tapi Pak Heze, kalau sekarang masih minggu kedua Bulan Maret dan target laba saya terpenuhi, tapi saya menemukan saham2 yang saya benar2 yakin akan naik. Apakah saya sebaiknya beli sahamnya?" Tanya Anda.

Jawabannya: TIDAK. Kalau target profit anda sudah terpenuhi, anda harus berhenti trading TOTAL. Istirahat trading dapat menjernihkan kembali pikiran anda untuk trading di bulan beriktunya. Tapi, kalau ternyata anda sudah merugi (tidak profit), ada baiknya anda juga berhenti trading dan melakukan evaluasi kembali.  

Menentukan target untung main saham adalah bagian dari TRADING PLAN. Jika anda ingin mendapatkan cara membuat, menyusun dan mengaplikasikan trading plan, anda bisa mendapatkan ebooknya disini: Ebook Saham

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.