Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Jenis-Jenis Trader di Pasar Saham

Di pasar saham ada beberapa banyak sekali tipikal / jenis trader. Di pos ini saya ingin memaparkan pada anda tipikal2 trader yang ada di pasar saham. Dengan mengetahui jenis2 trader, diharapkan anda mampu mengetahui jenis trader mana yang paling cocok untuk tipikal anda.

1. Scalper trader. Scalper trader ini beli saham hari ini dan jual hari ini juga dalam hitungan menit. Tidak ada barang menginap di portofolio. Jadi, trader ini ibaratnya adalah main cepat dan cari untung cepat. Scalper biasanya cenderung mengarah ke gambling. Anda bisa baca posnya lagi disini: Hindari Day Trader, Cara Instan Jadi Kaya. 

Para scalper biasanya menggunakan ilmu bandarmologi, yaitu dengan cara mengikuti pergerakan bandar. Target scapler adalah cuan dalam tempo yang sesingkat mungkin. Kalau anda ingin tahu apa arti scapler, "scalper" sendiri berasal dari bahasa Inggris, yaitu "scalp" yang artinya "kutu loncat". 

2. Intraday Trader / Day Trader. Trading ini dilakukan dengan cara membeli dan menjual saham dalam satu hari Bursa (beli saat pembukaan dan jual saat sore menjelang penutupan), atau batas maksimalnya harga kurang dari minggu. Target keuntungan seorang intraday trader adalah sebesar 1-4% dalam waktu pendek. Cara ini juga tidak saya anjurkan untuk anda yang masih belum pengalaman di dunia saham, karena anda harus tahu saham2 yang beli dan bisa naik dalam satu-dua hari perdagangan Bursa.

4. Swing Trader. Trader ini adalah trader teknikalis murni. Swing trader mengandalkan analisis teknikal dengan tempo trading berminggu-minggu sampai beberapa bulan. Target swing trader adalah dengan menggunakan grafik bulanan-tahunan. 

5. Mid Term Trader. Trader ini agak mirip swing trader, namun range waktu trading seorang mid term trader lebih panjang ketimbang swing trader (beberapa bulan sampai dibawah satu tahun). Mid term trader juga memperhatikan faktor fundamental, walaupun tidak sedalam investor. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.