Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mengetahui Pola Harga Saham yang Sulit Naik

Belakangan ini, ketika saya trading saya sering menemukan saham2 kelihatannya mudah naik kencang. Tetapi, ketika saya cek grafiknya, ternyata saham2 tersebut sebenarnya susah untuk naik. Saya menyebutnya sebagai saham2 Pemberi Harapan Palsu (PHP).

Saham2 ini sering menjebak trader, karena dalam sehari bisa naik banyak (terkadang didukung volume besar), tetapi keesokan harinya, sampai berhari-hari harganya malah sideways dan nggak naik2. 

Di web Saham Gain ini, saya pernah sekali membahas tentang saham2 yang suka PHP. Anda bisa baca tulisannya lagi disini: Mengapa Saya Menghindari Saham SRIL? Sekarang, anda perlu tahu cara membaca saham2 yang terkadang (seringkali) suka PHP. 

Ciri2 saham yang suka PHP adalah: Harga saham yang awalnya biasa2 saja, tiba2 naik kencang dalam sehari, katakanlah harga high saham tersebut saat naik kencang adalah 400. Tetapi, keesokan harinya harga sahamnya langsung turun, bahkan hanya maksimal mampu berada di harga high sama dengan hari kemarin. Dan hal ini terjadi secara berulang. Untuk lebih jelasnya, perhatikan grafik saham ASRI dibawah ini. 


Perhatikan beberapa tanda lingkaran saham ASRI. Perhatikan pula grafik ASRI secara keseluruhan. ASRI sebenarnya berada dalam tren sideways. Tetapi, pada beberapa waktu tertentu (tanda lingkaran), harga saham ASRI tampak naik drastis. 

Setelah naik drastis dalam sehari (terkadang didukung volume besar), harga sahamnya malah turun, sampai akhirnya sideways lagi. Hal ini terjadi berulang-ulang. Nah, trader seringkali tertipu ketika melihat saham yang naik kencang dalam sehari, ketika dibeli sahamnya, harganya langsung turun.  

Jadi, kalau anda menemukan saham2 yang polanya seperti ini, ada baiknya anda jangan mengejar untuk beli sahamnya, walaupun dalam sehari tiba2 harga sahamnya melonjak. Saham2 ini berpotensi membuat saham anda nyangkut di harga langit  

3 komentar:

  1. wah nampaknya saya kena pola seperti ini sam heze :-)

    ReplyDelete
  2. pak tapi saham pola gini bisa tiba-tiba naik tinggi ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di pasar saham, apapun sangat mungkin terjadi

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.