Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Pola Cup And Handle pada Saham PGAS

Saham PGAS menunjukkan sinyal kenaikan harga saham. Hal ini tampak dari grafik PGAS yang membentuk pola cup and handle. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan chart saham PGAS 6 bulanan dibawah ini. 


Secara sederhana, pola cup and handle adalah pola yang grafik saham yang diawali dengan tren naik signifikan terlebih dahulu. Kemudian, harga saham turun (koreksi) tajam dan kemudian rebound kembali dengan tajam, hingga kalau anda perhatikan gambar diatas, membentuk suatu mangkuk (cup).

Antara ujung cup 1 dengan ujung cup 2 harga sahamnya biasanya sama / hampir sama. Setelah ketinggian cup yang sama, harga saham akan cenderung terkoreksi (namun lebih ke arah sideways). Sehingga, harga saham yang cenderung terkoreksi setelah membentuk cup, akan menjadi pegangannya (handle). 

Kira2 seperti itulah bentuk formasi cup and handle. Formasi cup and handle menunjukkan harga saham bersiap melanjutkan kenaikannya (pola bullish continuation). Pada pola ini tampak pelaku pasar yang mempertahankan harga agar tidak jatuh pada "handle"-nya. Ketika anda menemukan formasi cup and handle, anda disarankan untuk membeli sahamnya. 

Tapi.... kapan saya enaknya beli sahamnya?

Anda disarankan membeli sahamnya ketika harga saham sudah break dari handle terdekatnya. Pada contoh diatas (perhatikan tanda persegi), handle terdekat adalah 2.750. Anda bisa membeli di harga 2.750. Namun, jika anda ingin konfirmasi yang lebih akurat, anda bisa buy ketika PGAS dari antara cup dengan handlenya, yaitu di 2.800. 

Pola cup and handle ini adalah salah satu chart pattern yang agak jarang ditemui pada chart. Namun, pola ini sebenarnya akurat dalam memprediksi harga saham. Jika anda menemukan pola cup and handle, bisa coba untuk membeli sahamnya ☺

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.