Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Profit Konsisten 1% Main Saham

Beberapa waktu lalu, saya mendapat email ke suksesbelajarsaham@gmail.com dari salah satu pembaca di website Saham Gain ini. Pertanyaannya kira-kira seperti ini: "Pak Heze, gimana caranya biar bisa untung konsisten 1% di saham?

Biasanya para pembaca yang tanya ke saya, hampir semua tanya gimana cara untung ratusan persen dalam sebulan? Gimana cara untung cepat main saham? Bisa nggak profit 10 juta per bulan dari saham? Kalau anda belum usaha apa-apa sudah berharap dapat profit besar dalam waktu cepat dan berharap bisa mempertahankannya tanpa mau rugi, tanpa mau belajar, mohon maaf saya tidak bisa jawab.

Kalau anda berharap untung gede main saham dalam waktu singkat, maka anda perlu memperdalam kembali materi web ini. Web Saham Gain memaparkan seluk beluk main saham, bukan hanya teori, bukan hanya dari sisi profit yang bisa anda dapatkan. Namun, main saham adalah soal psikologis, proses dan mindset yang benar. Tanpa melalui semua itu, jangan harap anda bisa untung besar secara konsisten. Baca juga: Daftar Isi Saham Gain. 

Tapi berhubung pertanyaan yang satu ini agak beda: Hanya mengharapkan untung 1% saja tapi konsisten. Alias, targetnya nggak muluk-muluk. Atau mungkin para pembaca berpikir bahwa profit konsisten dengan persentase cuman 1% itu tidak sulit untuk diraih, ketimbang harus mempertahankan konsistensi profit sampai 10%. Maka, saya tertarik untuk membahasnya di pos ini. 

Benarkah profit 1% konsisten dalam sebulan itu mudah diraih? Kan hanya 1% targetnya? Saya jawab jujur saja, mendapatkan profit konsisten hanya 1% pun sebenarnya tidak mudah? Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan pergerakan pasar saham sangatlah fluktuatif. Artinya, setiap trader selalu ada kemungkinan untuk rugi. Dinamika pasar saham sangat cepat. Berita2 yang berpengaruh kecil ke pasar saham Indonesia saja bisa berdampak besar pada pergerakan IHSG. Sehingga, membuat profit konsisten walaupun hanya sebesar 1%, rasa-rasanya juga nggak semudah membalikkan telapak tangan (meskipun target anda nggak muluk-muluk).  

Jika anda meninginkan profit KONSISTEN, maka anda harus berlatih secara KONSISTEN. Anda harus belajar KONSISTEN. Anda harus bisa menerima proses (baik untung maupun rugi). Anda harus berlatih main saham berbulan-bulan, bertahun-tahun. Hanya dengan cara inilah anda akan bisa mendapatkan untung KONSISTEN. 

Bahkan, tidak menutup kemungkinan anda bisa profit konsisten lebih dari 1%. Memang dalam main saham target profit konsisten 1% adalah langkah awal yang baik dan tidak muluk-muluk. Dalam main saham, yang terpenting adalah bisa profit konsisten dan untuk memperolehnya anda butuh berlatih dalam jangka waktu lama. 

Banyak trader yang merasa memiliki kekuatan dewa ketika bisa profit besar dalam sekejap, namun "kehebatan" tersebut hanyalah hoki. Percuma saja kan? Lebih baik anda berlatih dan berlatih untuk mendapatkan profit konsisten, ketimbang dapat profit lebih besar tapi tidak konsisten.

4 komentar:

  1. Bung heze, benarkah batas bawah akan dibuka oleh pak bei?? Atau baru wacana aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batas bawah (auto reject bawah) simetris akan dibuka BEI secara resmi (bukan wacana lagi) per tanggal 2 Januari 2017. Anda bisa baca posnya disini:

      http://www.sahamgain.com/2016/12/auto-reject-saham-baru-simetris-dan.html

      Delete
  2. Klo batas harga saham gocap akan dibuka jg ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, batas bawah gocap akan dibuka BEI,rencananya mulai kuartal I / 2017. Baca juga pos beriku:

      http://www.sahamgain.com/2016/10/harga-saham-dibawah-rp50-per-lembar.html

      http://www.sahamgain.com/2016/11/saham-termurah-di-indonesia.html

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.