Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Saham Uptrend, Downtrend, dan Sideways Part II

Baca pos sebelumnya: Saham Uptrend, Downtrend, dan Sideways Part I

Pada pos ini, saya akan memberikan gambaran pada Anda tentang bagaimana cara menggambar dan menentukan garis tren.

Catatan: Sumber gambar di pos ini saya ambil dari Edianto Ong, 2011, Buku Analysis Technical for Mega Profit. Buku terbitan Edianto Ong saya rekomendasikan bagi Anda yang murni seorang teknikalis. 

CARA MENGGAMBAR GARIS UPTREND

Cara menentukan garis uptrend yaitu dengan cara menghubungkan titik harga terendah pada lembah2 harga yang terbentuk. Perhatikan gambar dibawah.



Menggambar garis uptrend dimulai dari bawah menuju keatas. Menggambar gariu potrend dimulai dari lembah, yaitu pada garis dasar terendah yang menghubungkan titik2 lembah lainnya. Perhatikan gambar nomor 1 dan 2. 

CARA MENGGAMBAR GARIS DOWNTREND

Cara menentukan garis downtrend adalah dengan menghubungkan titik nilai tertinggi pada puncak2 harga yang terbentuk. Perhatikan gambar dibawah, cara menggambar garis downtrend. 


Menggambar garis downtrend dimulai dari atas menuju kebawah. Menggambar garis downtrend dimulai dari puncak (ibarat turun gunung), yaitu garis dasar tertinggi yang menghubungkan titik2 puncak lainnya. Perhatikan nomor 1 dan 2.  

CARA MENGGAMBAR GARIS SIDEWAYS

Pada grafik saham yang sideways, dapat Anda gambarkan garis panduan arah dengan menghubungkan titik nilai tertinggi antara garis puncak (garis atas resisten) serta titik nilai terendah (garis support). Berikut adalah cara menggambar tren sideways.



0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.