Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Bukti Lanjutan: Teknikal saham TAXI

El Heze
Kalau Anda sudah membaca postingan saya: Harga Saham TAXI, Ada Apa Denganmu? Dan kalau Anda juga sudah membaca postingan saya: Analisis Teknikal: Harga Saham yang Akan Menuju Rp50. Anda minimal sudah tahu kenapa saya bahas postingan ini. 

Fakta-fakta mengenai perusahaan TAXI juga sudah saya bahas di postingan: Harga Saham TAXI "Dipermainkan", itulah yang menyebabkan anjloknya harga saham TAXI. Setelah status suspensinya dibuka, saham TAXI malah anjlok 4 hari berturut-turut dan kena auto reject kiri. Waktu itu, saya juga update status melalui FACEBOOK saya, facebook Belajar Saham tentang jatuhnya saham ini dan potensi saham TAXI ada kemungkinan (bukan pasti) akan jatuh ke Rp50.

Tapi, saham TAXI tiba2 mampu naik 34% setelahnya. dan mampu naik lagi 20%. Ketika TAXI naik 34% tanggal 17 Desember 2015, harga closing langsung naik jadi Rp109 dari harga sebelumnya hanya Rp81. Lalu, 18 Desember 2015 TAXI mencapai harga tertinggilagi sampai Rp145. 

Waktu saya menuliskan postingan di FB, tentang harga saham TAXI jatuh ke Rp50 ternyata harganya naik drastis 34%, banyak juga yang mencibir, intinya: "Kalau Anda percaya pakar teknikalis (walaupun saya masih jauh dari kata pakar) yang bilang kalau TAXI akan ke Rp50, maka hari ini Anda akan rugi, karena saham TAXI ternyata naik 34%". 

Banyak yang percaya kalau saham TAXI akan rebound lagi dalam beberapa waktu kedepan, bahkan akan kembali ke harga semula, HANYA KARENA melihat TAXI mulai naik sampai 34%. Well, jangan latah. Kalau Anda perhatikan lagi, mengacu perdagangan saham 15 Januari 2016, berapa harga closing saham TAXI? Closing-nya adalah Rp83. Lihat teknikal saham TAXI dibawah.  


Tanda kotak yang saya beri adalah ketika harga saham TAXI naik sampai 34% dan 20%. . Kalau Anda lihat grafiknya diatas apa yang bisa Anda simpulkan? Anda barangkali menjawab: trennya turun terus.

"Ya, benar, saya juga sependapat". Perhatikan apa yang terjadi setelah harga sahamnya naik 34%. Harga sahamnya turun terus sampai Rp83. Menurut pandangan pribadi saya, kalau harga sahamnya sudah tidak prospek secara grafik, banyak yang menjual sahamnya, harga saham TAXI akan sulit untuk bangkit lagi.... Yang agak mencemaskan, kalau2 TAXI haganya turun lagi. Padahal Rp83 sudah merupakan harga terendahnya secara all history.

Biasanya, kalau saham2 yang turun terus sampai Rp50, harganya nyaris tidak bisa kembali, bahkan sudah menjadi saham tidur. Tidak peduli apakah saham tersebut pernah naik 20%, 30%. Kalau sahamnya sudah anjlok biasanya akan ada kecenderungan investor untuk terus melepas sahamnya. Kalau sahamnya tiba2 naik sebanyak itu, biasanya dikarenakan ulah bandar yang tidak bisa Anda tebak arahnya. Baca postingan: Analisis Teknikal: Harga Saham yang Akan Menuju Rp50.



Banyak rekan ternyata nyangkut di saham TAXI dan menanyakan: "Lalu apakah tidak mungkin TAXI sahamnya diangkat lagi?" Bisa saja. Asalkan TAXI bisa melakukan gebrakan baru di bisnis transportasinya. Walaupun, kalau saya pribadi kurang optimis karena masyarakat kita sekarang sangat percaya dan nyaman dengan kehadiran Gojek. TAXI juga mendapat persaingan dari BLUE BIRD Dan selama menjadi trader, analis, saya juga mengamati bahwa harga saham yang sudah benar2 jatuh akan sulit untuk bangkit lagi.

Ada pula rekan2 yang nanya: "Apakah waktunya beli TAXI, karena sudah turun banyak, mungkin bisa naik lagi besok?" Saya jawab: jangan masuk TAXI, karena terlalu berisiko." Dan Anda bisa lihat sendiri trennya.

Sekarang, satu-satunya yang bisa membuat saham TAXI bisa naik lagi adalah memperbaiki FUNDAMENTAL-nya.Di balik semua itu, kita semua tentu berharap supaya manajemen TAXI mampu melakukan gebrakan yang bisa mengangkat fundamental perusahaan, sehingga SEHRUSNYA kalau kinerja membaik, harga saham bisa naik dan mulai dilirik investor perlahan-lahan. Anda bisa saja membeli saham ini lagi, tapi DENGAN CATATAN membeli: BUKAN KARENA digoreng, BUKAN KARENA naik drastis satu hari saja karena sudah turun terlalu banyak (lagi-lagi ulah bandar). Tapi karena fundamental. 

2 komentar:

  1. Luar biasa analisisnya Pak.
    Terimakasih analisisnya. Bisa untuk referensi saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih Pak...

      Membuat saya jadi semangat untuk menulis postingan2 baru.

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.