Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Istilah "Menabung Saham"

El Heze
Menabung adalah istilah yang hampir setiap hari pasti sering Anda dengar. Menabung berarti Anda menyisihkan uang Anda untuk disimpan. Menabung intinya disini adalah untuk DISIMPAN. Anda yang mungkin dulu waktu masih sekolah menyisihkan uang untuk disimpan kembali dan tidak digunakan. Anda bekerja kemudian menyisihkan uang untuk disimpan dan tidak digunakan. Itulah menabung.

"Lalu, menabung saham itu yang seperti apa Pak?"

Menabung saham berarti menyimpan saham. Menyimpan saham berarti Anda tidak menggunakan dana (menjual saham) yang Anda taruh di  saham perusahaan. Kalau mau tahu istilah kerennya menabung saham, itu sama dengan INVESTASI.  

"Berarti menabung saham itu bukan trading ya?"

Bukan. Seperti saya jelaskan, menabung saham adalah investasi. Investasi tidak sama dengan trading saham. Namanya menyimpan saham, berarti Anda menyimpan untuk jangka panjang karena menabung (menyimpan) berarti Anda tidak menjual saham Anda sampai jangka waktu yang cukup lama.

Trading saham berarti bisnis dalam bentuk transaksi jual - beli saham antar pelaku pasar dalam rentang waktu yang cukup singkat. Sekali lagi, rentang waktu yang cukup singkat. Trading biasanya dilakukan dalam jangka waktu menit, jam, harian, sampai beberapa bulanan, sehingga trading tidak bisa dikatakan "menabung" karena dengan trading berarti Anda dengan cepat melepas saham Anda. 

Investasi atau menabung saham dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama. Rentang waktu untuk investasi biasanya diatas 1 tahun. Bahkan, para investor menyimpan sampai 2 tahun atau bahkan lebih. Investasi lebih menekankan pada pertumbuhan nilai perusahaan, sedangkan trading saham lebih memanfaatkan fluktuasi harga saham perusahaan dalam jangka pendek. Jadi, Anda kudu bisa membedakan antara trading dengan investasi, karena keduanya tidak sama.  

Semoga menjawab pertanyaan dari rekan2 tentang istilah menabung saham.

2 komentar:

  1. sahamapa yang direkomendasikanuntuk ditabung dalamjangka panjang pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIlahkan baca pos saya disini:
      http://www.sahamgain.com/p/saham2-yang-akan-bersinar-2016-long-term.html

      Untuk saham2 yang akan growth jangka panjang, saya merekomendasikan PT PP Properti (PPRO) dan PT Cikarang Listrindo (POWR)

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.