Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham Lapis Dua yang Bagus

El Heze

Saham-saham yang ada di Bursa Efek dapat kita klasifikasikan menjadi saham-saham lapis satu (blue chip), saham lapis dua dan saham-saham lapis tiga (saham gorengan). 

 


Jumlah saham lapis dua di Bursa Efek juga cukup banyak, di mana salah satu kriteria saham2 lapis dua biasanya memiliki nilai kapitalisasi pasar diatas 5 triliun sampai dibawah 100 triliun. 

Kita pernah bahas kriteria saham2 lapis dua disini: Saham Middle Cap untuk TradingSaham lapis dua sering juga disebut sebagai saham middle cap, karena market capnya ada di 'tengah-tengah', yaitu lebih besar dari saham lapis tiga, tapi lebih kecil dari saham2 blue chip. 

Dengan market cap antara Rp5 triliun sampai dibawah Rp100 triliun, maka bisa dipastikan jumlah saham lapis dua ini sangat banyak.

Saham lapis dua seringkali diminati oleh trader saham karena mayoritas saham lapis dua harganya relatif lebih murah dibandingkan saham2 blue chip, sehingga lebih terjangkau untuk trader pemula. Di satu sisi, banyak juga saham lapis dua yang pergerakannya likuid. 

Yang jadi pertanyaan: Saham lapis dua apa yang bagus? Bagaimana cara memilih saham lapis dua yang bagus dari sekian banyak saham lapis dua yang ada? 

Saham lapis dua yang bagus adalah saham yang pergerakannya likuid, punya fluktuatif bagus dan wajar selama jam trading. Berdasarkan pengalaman trading pribadi, ada beberapa saham lapis dua yang bagus di market: 

1. PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES)
2. PT Pakuwon Jati Tbk (PWON)
3. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) 
4. PT Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP)
5. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) 
6. PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) 
7.PT Ciputra Development Tbk (CTRA) 
8. PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP) 
9. PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) 
10. PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) 
11. PT Adaro Energy Tbk (ADRO) 

Dan masih banyak saham lapis dua yang cukup bagus buat trading. Beberapa list saham lapis dua diatas, termasuk saham2 lapis dua yang menurut saya pribadi pergerakannya bagus secara teknikal dan fluktuatif harga.  

Anda bisa pelajari cara-cara melakukan screening saham untuk menemukan saham2 bagus buat trading disiniPanduan Simpel & Efektif Memilih (Screening) Saham Bagus.

Kalau anda ingin mencari sendiri (secara otodidak) saham-saham lapis dua yang bagus untuk ditradingkan, anda bisa gunakan beberapa tips berikut: 

1. Pilih saham-saham lapis dua dari indeks LQ45

Jika menurut anda saham lapis dua di Bursa Efek jumlahnya terlalu banyak, anda bisa memilih saham-saham lapis dua yang berasal dari indeks LQ45, karena mayoritas saham LQ45 memang berisi saham-saham lapis dua, sedangkan beberapa lainnya adalah saham2 blue chip. 

Mayoritas saham lapis dua yang ada di LQ45 merupakan saham2 yang paling likuid, karena memang saham2 LQ45 merupakan saham-saham yang likuiditas transaksinya paling tinggi. 

2. Lakukan screening saham 

Tapi mencari saham lapis dua memang tidak harus 100% dilakukan dari saham2 LQ45. Faktanya, banyak juga saham lapis dua yang bagus buat trading, yang berasal dari saham-saham non-LQ45. 

Kalau anda ingin mencari saham-saham lapis dua lebih luas (baik dari saham2 LQ45 maupun non-LQ45), anda perlu melakukan screening saham. Screening saham juga berguna untuk memilih saham2 lapis dua yang bagus untuk trading dan tidak. 

Anda bisa pelajari cara-cara simpel & praktis melakukan screening saham bagus disini: Cara Screening Saham Bagus + Full Praktik Trading. 

3. Pilih saham lapis dua yang analisa teknikalnya bagus 

Karena jumlah saham lapis dua cukup banyak, dan tentu saja tidak semua saham LQ45 itu bagus buat trading, maka anda juga harus memilih saham2 lapis dua yang paling bagus untuk trading. 

Caranya yaitu dengan screening saham itu tadi dan pilihlah saham2 yang analisa chartnya sedang bagus, yaitu saham2 lapis dua yang harganya murah dan punya potensi rebound. Baca juga: Full Praktik Menemukan Saham Diskon & Murah. 

4. Praktik trading 

Untuk memilih saham lapis dua yang bagus, tentu saja anda harus melakukan praktik trading. Dengan praktik trading, anda akan memahami sendiri saham-saham apa yang cocok buat anda. 

Seperti contoh daftar saham-saham lapis dua yang saya paparkan diatas tadi, saya pribadi memang mempraktikkan sendiri screening saham2 lapis dua, sehingga beberapa saham diatas menurut saya merupakan contoh saham2 lapis dua yang likuid dan pergerakannya baik untuk trading. 

TIPS TRADING SAHAM LAPIS DUA 

Tips trading di saham-saham lapis dua sebenarnya tidak berbeda dengan strategi trading di saham2 lainnya. Hal-hal utama yang anda butuhkan adalah analisa teknikal, market, momentum trading. 

Jangan lupakan trading plan dan manajemen modal, karena kesuksesan trading anda juga sangat tergantung dari kombinasi analisa saham, manajemen modal dan trading plan. 

Actually, nggak ada saham yang benar-benar spesial, karena sebagus dan selikuid apapun suatu saham, saham tersebut tidak mungkin naik terus. Pasti ada saat di mana saham turun, sehingga analisa teknikal, manajemen modal, trading plan juga harus anda persiapkan dengan baik. 

Di web Saham Gain ini, kita juga sudah banyak membahas analisa-analisa untuk memaksimalkan profit dalam trading saham. 

Itulah cara mencari saham lapis dua yang bagus dan beberapa contoh saham lapis dua yang bagus untuk trading di market.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.