Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Komisaris Independen di Laporan Keuangan

Dalam tata kelola perusahaan, setiap perusahaan harus memiliki Dewan Direksi dan Dewan Komisaris. Direksi berfungsi memimpin dan membuat kebijakan mengenai operasional dan keberlangsungan bisnis perusahaan.



Sedangkan Komisaris berfungsi untuk mengawasi kesehatan operasional dan tata kelola perusahaan. Komisaris memiliki peran yang besar di dalam perusahaan, karena dengan adanya komisaris, tata kelola perusahaan dapat berjalan lebih baik dan sehat. 

Tata kelola merupakan salah satu poin penting perusahaan dalam keberlanjutan bisnis. Di dalam peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK), perusahaan diwajibkan memiliki Komisaris dan setidak-tidaknya perusahaan harus memiliki dua Komisaris dan satu Komisaris Independen. 

Komisaris Independen adalah anggota komisaris perusahaan yang tidak memiliki hubungan afiliasi alias hubungan keluarga (sedarah) dengan pemilik perusahaan seperti Direksi (non-independen) dan Komisaris. 

Biasanya di dalam bisnis suatu perusahaan, anggota Direksi dan Komisaris memiliki hubungan keluarga alias afiliasi. Supaya struktur organisasi perusahaan dapat berjalan lebih independen dan tidak ada benturan kepentingan, maka diperlukan minimal satu orang Komisaris Independen dalam menjalankan fungsi pengawasan perusahaan. 

Lalu, bagaimana cara mengetahui siapa Komisaris Independen perusahaan tertentu? Untuk melihat komposisi Dewan Komisaris, anda sebenarnya bisa melihatnya melalui laporan keuangan perusahaan. 

Berikut cara mencari Komisaris Independen di laporan keuangan: 

1. Download laporan keuangan yang anda inginkan. Kemudian masuk ke Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK). Baca juga: Cara Membaca CALK. 

2. Untuk mencari Komisaris Independen di laporan keuangan, anda bisa masuk ke CALK nomor 1 tentang Informasi Umum. Disini kita akan gunakan contoh laporan keuangan PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) untuk melihat komposisi Komisaris Independen. Perhatikan laporan keuangan HMSP berikut: 

Cara Mencari Komisaris Independen di Laporan Keuangan

Pada Informasi Umum di CALK, anda akan temukan komposisi nama-nama Komisaris dan Direksi perusahaan. Pada contoh CALK diatas, dapat kita lihat nama Komisaris Independen HMSP sebanyak dua orang yaitu Justin Guy Mayall dan Luthfi Mardiansyah. 

Itulah cara mencari Komisaris Indpneden di laporan keuangan. Cara ini juga sama ketika anda ingin melihat siapa komisaris indpenden untuk perusahaan2 lainnya. 

Dalam Informasi Umum CALK perusahaan, bukan hanya ditampilkan nama-nama Komisaris Independen. Tetapi anda juga bisa melihat nama-nama Komisaris, Direksi dan Direksi Independen perusahaan.  

Setiap perusahaan wajib memiliki Komisaris Independen. Jika ada perusahaan yang tidak mencantumkan informasi Komisaris Independen dalam laporan keuangan, maka tata kelola perusahaan yang bersangkutan patut dipertanyakan. 

Hal ini karena peranan Komisaris dan Direksi memegang peranan penting dalam pengelolaan operasional dan tata kelola. Oleh karena itu, struktur Komisaris dan Direksi harus ada dalam perusahaan.  

Apa kegunaan mengetahui Komisaris Independen perusahaan? 

Kalau anda melakuan analisis fundamental dan ingin melihat lebih detail tentang tata kelola perusahaan, anda bisa pertimbangkan juga untuk mencermati komposisi Komisaris Independen perusahaan ini. 

Karena dengan mengetahui nama2 komisaris perusahaan, anda juga bisa melakukan tracing mengenai track record masing-masing pengurus perusahaan. Jika ada Direksi atau Komisaris yang pernah terlibat dalam kegiatan korupsi misalnya, maka tata kelola perusahaan dipertanyakan. 

Semoga pos ini menambah wawasan rekan-rekan yang ingin mencari di mana letak Komisaris Independen pada laporan keuangan, termasuk komposisi Direksi dan Komisaris perusahaan. 

Anda bisa pelajari jugacara-cara membaca laporan keuangan dan bedah tuntas analisa fundamental dalam laporan keuangan disini: Ebook Analisis Fundamental Saham + Analisa Laporan Keuangan (352 halaman).   

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.