Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mendapat Untung dari Saham - Pahami Ini

Jika anda ingin dapat profit dari saham, maka anda harus pahami ilmunya. Ilmu yang dimaksud adalah ANALISIS SAHAM dan SCREENING SAHAM. Yap, analisa saham merupakan senjata utama agar anda paham saham-saham apa saja yang menguntungkan, sehingga anda bisa dapat profit konsisten. 



Dua analisa utama untuk memilih saham bagus adalah ANALISIS TEKNIKAL dan ANALISIS FUNDAMENTAL. Dan ada baiknya anda juga selalu mengokombinasikan dengan screening saham. Anda bisa pelajari praktik2 analisa teknikal full praktik dan cara-cara memilih saham bagus disini: 
Analisa-analisa saham akan berfungsi dan bisa menghasilkan apabila anda FOKUS. Fokus seperti apa maksudnya Bung Heze? 

Banyak trader saham yang ketika berhadapan dengan pasar saham, ternyata trader justru lebih banyak menghabiskan waktu untuk gabung di grup-grup saham, supaya bisa mendapatkan 'rekomendasi saham yang bagus' melalui grup. Namun justru cara tersebut membuat trader jadi tidak fokus untuk trading. 

Dari tulisan di pos ini, anda bisa evaluasi. Seberapa banyak dari anda yang pada saat jam trading, harusnya anda fokus menganalisa saham, tapi ujung2nya anda malah kebanyakan scroll chat di grup-grup saham, kebanyakan dengerin kata trader lain, kata "pakar", kebanyakan cari saham pom-pom?

Dan akhirnya anda malah nggak trading. Anda jadi bingung mau beli saham apa, saking banyaknya pendapat. Ada yang bilang saham X bagus, saham Y bagus, saham Z lagi diakumulasi. Akhirnya anda malah ketinggalan momentum2 bagus di market. 

Karena kebanyakan baca-baca chatting di grup, bukan cuma trading anda yang terbengkalai, tapi pekerjaan-pekerjaan penting anda lainnya jadi terabaikan.  

Khususnya anda yang punya pekerjaan utama misalnya karyawan, pebisnis, PNS, atau anda yang punya kesibukan sebagai ibu rumah tangga.. 

Kalau anda selalu fokus untuk mencari grup saham, membaca obrolan2 trader, hal ini sangat berisiko bagi pekerjaan anda. Trading anda terabaikan dan pekerjaan anda juga bisa berantakan karena anda tidak fokus. 

 Apakah anda pernah mengalaminya? Atau bahkan sekarang lagi mengalami?

Dulu waktu saya masih trader pemula, saya juga pernah melalui proses seperti ini. Karena ingin profit lebih besar tapi malas menganalisa, akhirnya saya gabung di berbagai macam grup saham. Selama jam trading, scroll dan baca setiap chat di grup, tulis semua saham yang dibahas... 

Namun saya melihat cara seperti ini nggak efektif, sama sekali tidak membuahkan profit, akhirnya cara tersebut saya tinggalkan. 

Ketika trading saham, saya prefer untuk menganalisa saham secara mandiri, benar-benar fokus menganalisa saham apa yang potensial naik. Fokus analisa market. Fokus sama trading plan sendiri. Pelajari juga: Langkah-langkah Belajar Saham Otodidak. 

Bukan fokus untuk mencari-cari grup, mencari seminar-seminar saham. Dalam analisa trading, anda tidak bisa mengandalkan trader lain. Anda harus menjadi TRADER YANG MANDIRI. Kalau anda mengandalkan trader lain, anda tidak akan bisa fokus trading. 

Anda boleh saja belajar saham dari banyak sumber. Tetapi pilihlah media belajar saham yang meningkatkan skill trading. Kalau media belajar tersebut justru membuat anda tidak fokus, anda harus evaluasi kembali. 

Yap, jadi ini sebenarnya berkaitan dengan mindset yang benar. Kalau anda punya mindset yang benar, maka analisa-analisa yang anda pelajari juga dapat lebih berfungsi untuk mengambil keputusan trading lebih baik dan akurat. 

Di web Saham Gain, saya sudah sering mengulas pentingnya menganalisa saham-saham secara mandiri. Dan tulisan2 di web ini, baik secara langsung maupun tidak langsung, sebenarnya juga mengarahkan anda supaya anda bisa trading dan menganalisa saham mandiri / otodidak. 

Termasuk praktik2 trading melalui ebook-ebook saham di web ini, juga mengarahkan anda supaya anda bisa mencetak profit saham secara mandiri, dan mampu beradaptasi dengan pasar saham. 

Anda bisa pelajari disini: Buku Saham Full Praktik Trading dan Ebook Panduan Simpel Screening Saham Bagus. 

Tujuannya supaya anda FOKUS PADA TRADING ANDA SENDIRI, bukan membaca obrolan2 trader / orang lain yang ujung2nya justru membuat anda jadi bingung: Enaknya beli saham apa ya? 

Kata trader di grup A saham BMTR banyak dibeli bandar. Kata trader di grup saham B saham KRAS bentar lagi bisa naik 10%. Nah, anda jadi bingung kan mau milih yang mana?

Porsi paling besar dalam trading saham adalah PRAKTIK TRADING (menganalisa saham). Praktik trading harus selalu anda prioritaskan karena hanya dengan itu anda bisa paham sendiri bagaimana cara memilih saham, dan seni2 menghadapi market.  

Banyak trader yang mindset-nya terbalik. Porsi paling besar justru difokuskan untuk mencari "pencerahan" di grup-grup saham selama jam trading yang ujung-ujungnya membuat kualitas analisis trader menurun. 

Mulai sekarang, setiap trader saham harus melakukan evaluasi. Kalau anda sudah banyak belajar analisis teknikal, tapi di dalam praktik trading ternyata anda nggak fokus menganalisa, tapi fokusnya ke grup saham, mencari pendapat2 trader lain, kini anda harus mulai fokus dengan analisa dan trading plan yang sudah anda buat.   

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.