Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Membeli Saham Sido Muncul

El Heze
PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) adalah salah satu saham yang cukup populer di kalangan trader dan investor. Dan perusahaan Sido Muncul ini ternyata juga go public di Bursa saham sejak tanggal 18 Desember 2013.  

Produk SIDO yang terkenal yaitu produk jamu (merk Sido Muncul). Produk ini sangat mudah kita di pasaran, sehingga tidak sedikit rekan-rekan yang baru memulai investasi saham, ingin mencoba membeli saham SIDO tersebut. 

Mas kawin berupa saham SIDO... Keren juga idenya... (Berita dari CNBC Indonesia)

Lalu, bagaimana cara membeli saham Sido Muncul ini? Beberapa kali saya mendapatkan pertanyaan tersebut. Di pos ini, saya ingin berikan beberapa langkah sederhana agar anda bisa membeli saham Sido Muncul

Sebenarnya cara ini juga sama untuk membeli saham2 yang lain. Berikut cara membeli saham Sido Muncul

1. Membuka akun saham di kantor sekuritas 

Langkah pertama agar anda bisa membeli saham adalah dengan cara membuka akun saham di kantor sekuritas. Cara membuka akun saham di kantor sekuritas sudah saya bahas langkah2nya secara detail pada free ebook saham (33 halaman) disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. Anda bisa download (via 4shared) dan terapkan. 

2. Klik menu trade --> buy 

Sesudah anda membuka akun saham, semua aktivitas beli jual saham anda lakukan melalui software online saham dari kantor sekuritas tempat anda join tersebut. 

Setelah anda login melalui software online trading, anda bisa klik menu trade --> buy. Tampilannya kurang lebih sebagai berikut: 


Disini saya menggunakan software Danareksa Online. Tampilan tiap software online trading bisa berbeda, namun secara umum menu-menu utama kurang lebih sama. 

3. Setelah klik buy, lalu muncul tampilan berikut:

Cara membeli saham Sido Muncul
Untuk bisa membeli saham Sido Muncul, ketikkan kode sahamnya yaitu: SIDO (nomor 1). Lalu ketikkan juga jumlah lot dan harga yang ingin anda beli (nomor 2 dan 3). 

1 lot = 100 lembar saham. Jika harga saham SIDO 1.200 dan anda ingin membeli sebanyak 10 lot, maka uang yang harus anda keluarkan untuk membeli saham SIDO adalah 10 lot x 100 lembar x 1.200 = Rp1.200.000. Oleh karena itu, sesuaikan jumlah lot dengan modal yang anda punya.

Agar anda tidak salah memasukkan harga beli, anda harus memahami mekanisme perdagangan saham, terutama cara membaca BID dan OFFER saham. 

Mengenai pemahaman tentang mekanisme perdagangan dan cara belajar saham pemula - expert, sudah pernah saya bahas secara mendalam disini: Buku Saham. Anda bisa pelajari.

3. Menganalisa saham SIDO sebelum membeli 

Tujuan kita membeli saham adalah untuk mendapatkan untung. Membeli saham SIDO (dan juga saham2 lainnya) harus dilakukan dengan dasar analisis agar anda bisa membeli saham di harga yang bagus. 

Kalau anda ingin trading saham, anda harus pahami analisa teknikal. Baca juga: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. Analisis teknikal artinya anda harus memahami cara membaca dan menginterpretasikan chart suatu saham. 

Grafik saham SIDO
Sedangkan kalau anda ingin investasi, anda harus pelajari analisa fundamental. Pelajari: Analisis Fundamental Pemula - Expert. 

Itulah panduan cara membeli saham Sido Muncul. Untuk anda yang bertanya bagaimana cara membeli saham SIDO, anda bisa pelajari pos ini. 

Catatan tambahan: Pos ini bukan bermaksud merekomendasikan anda untuk membeli saham SIDO. Setiap saham harus anda analisa sebelum membeli. Pos ini lebih bertujuan untuk memberikan gambaran tentang mekanisme perdagangan dan software online trading. 


0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.