Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Teknikal: Saham ACES

El Heze
Analisis teknikal adalah analisa utama yang harus anda gunakan untuk mengetahui saham2 apa saja yang punya pergerakan baik, dan berpotensi rebound. Sebaliknya, analisa teknikal juga memberikan gambaran tentang saham2 yang akan turun / jatuh, sehingga bisa anda waspadai. 

Di pos ini, kita akan bahas sedikit tentang pergerakan analisa teknikal saham ACES, mengingat banyak rekan2 trader yang request untuk membahas ulasan saham ACES. Yup, saham ACES sendiri beberapa kali masuk di watchlist kita pada halaman berikut: Rekomendasi Saham.

[Anda yang ingin belajar saham dan memperdalam ilmu analisa teknikal lengkap, sampai ke full praktik dan strategi2 memilih saham yang akan naik, memilih saham diskon, membaca saham2  yang sudah berada di ujung tren naik, anda bisa mendapatkan praktik2nya disini: Buku Saham Full Praktik Trading (427 halaman). 

Menurut saya pribadi, saham ACES juga memiliki pola teknikal yang cukup menarik untuk ditradingkan, karena pergerakan ACES yang sering saya amati selama ini memiliki support resisten yang bisa dijadikan patokan untuk mengambil posisi buy, sell, dan memprediksi posisi breakout dan breakdown suatu saham. 

Biasanya saham ACES selalu rebound dari support2 kuat tertentu. Namun beberapa waktu terakhir, saham ACES membentuk tren turun, dan nyaris jebol dari support terendah (6 bulan) di 1.460. Anda bisa cermati saham ACES berikut: 

Saham ACES
Karena support 1.460 (tanda persegi) adalah support terendah yang menjadi titik balik rebound, maka jika saham ACES jebol dari titik 1.460, ACES akan rawan untuk melanjutkan tren turunnya (breakdown). Kita juga sudah sempat bahas di web Saham Gain ini dan grup FB Saham Gain. 

Dan saat market koreksi, benar saja, saham ACES terus turun sampai support 1.400. Anda bisa perhatikan pergerakan saham ACES beberapa hari setelahnya: 


Saham ACES jatuh dari support terendah 6 bulan (garis horizontal). Pada saat suatu saham sudah jatuh dari support terendah atau support penting tertentu, anda bisa mempertimbangkan 2 strategi untuk membeli kembali sahamnya: 

1. Menunggu saham kembali breakout dari support terendah sebelum breakdown
2. Langsung membeli saat candle sudah mulai hijau (open > prev closing)
3. Tidak membeli sahamnya lagi 

Poin pertama, anda bisa menuggu konfirmasi saham breakout. Misalnya pada saham ACES, support terendah yang sudah kita bahas tadi di 1.460. Saat ACES jebol dibawah 1.460, anda bisa membeli kembali saham ACES dengan menunggu ACES breakout lagi dari 1.460 (Sekarang 1.460 sudah menjadi resisten karena posisi ACES sudah jatuh dari 1.460).

Poin kedua, anda bisa langsung beli saat saham ACES sudah mulai hijau candlenya. Tapi cara ini agak berisiko, karena bisa saja suatu saham hanya naik beberapa poin lalu turun lagi. 

Poin ketiga, anda bisa mempertimbangkan untuk tidak membeli suatu saham yang jatuh jika memang terjadi perubahan tren secara drastis.

Saya pribadi biasanya menyarankan untuk menggunakan strategi di poin pertama, untuk memastikan tren suatu saham dan untuk meminimalkan risiko. Anda bisa perhatikan lagi saham ACES 2 hari setelah koreksi drastis (Saham ACES kita maintain beberapa hari karena polanya yang cukup menarik). 


Saham ACES berhasil rebound dengan cepat dalam 2 hari setelah mengalami koreksi. Anda bisa perhatikan juga pada hari kedua rebound, ACES berhasil breakout dari resisten 1.460 (horizontal). 

Sebagai trader yang menunggu sinyal konfirmasi, anda bisa pertimbangkan untuk membeli ketika sudah breakout melewati 1.460 tersebut (1.460 yang sebelumnya adalah titik support krusialnya). 

Melalui pos ini, saya juga ingin menyampaikan bahwa ketika anda memilih saham untuk trading, maka selalu lakukan analisa teknikal terutama support-resisten, candlestick, chart pattern. Karena analisa2 tersebut sangat berguna untuk menentukan potensi pergerakan harga saham selanjutnya. 

Selain itu, anda juga harus memilih saham2 yang layak ditradingkan secara teknikal (memiliki pola2 yang bagus) dan menguntungkan trader.  

Yup, analisa2 teknikal sudah kita bahas secara lengkap disini: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

Itulah sedikit banyak tentang ulasan teknikal saham ACES. Ulasan di pos ini tentu bisa anda terapkan juga untuk trading di saham2 yang lain.  


0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.