Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Perlukah Mengikuti Trader/Investor Saham Sukses?

Beberapa waktu lalu seorang atlet lari dunia asal Kenya, Eliud Kipchoge berhasil memecahkan world record juara lari full marathon (42,195 km) dengan catatan waktu dibawah 2 jam (1:59:40). 

Masih ada segudang contoh prestasi, yang tentunya bukan hanya ditorehkan dari kalangan atlet. Namun yang pasti, keberhasilan2 mereka dalam mencetak prestasi yang anti-mainstream di bidangnya masing2, akan menjadi inspriasi banyak orang, bahkan tidak sedikit orang yang ingin mencontoh dan menjadi sukses seperti mereka. 

Eliud Kipchoge - Juara dunia lari marathon

Tapi coba anda bayangkan, jika anda adalah pelari pemula atau bahkan anda bukan pelari, lalu anda sangat terinspirasi untuk bisa berlari secepat seorang Eliud. Kemudian anda meniru program latihan beliau menjelang pertandingan..  

Kemungkinan besar anda akan capek, lelah, dan target anda tidak akan bisa terpenuhi, karena anda bukanlah pelari dunia dan belum terbiasa berlatih seperti layaknya atlet dunia. Dan untuk bisa menjadi seorang pelari dunia, tentu saja anda harus berlatih bertahap, dan melalui proses yang panjang. 

Hubungannya sama saham apa???? 

Di pasar saham, kita sering menemukan ilustrasi seperti yang sudah kita bahas tadi. Banyak sekali trader dan investor pemula yang ingin berhasil dan kaya seperti investor2 maupun trader yang sukses mencetak keuntungan besar di saham. 

Akhirnya trader2 pemula berusaha melakukan strategi2 yang SAMA PERSIS seperti yang dilakukan mereka. Dan hasilnya? Justru trader2 pemula semakin bingung, salah strategi, target tidak tercapai... 

Kenapa bisa begitu? Bukankah dengan mengikuti mereka yang sukses harusnya anda bisa profit sama seperti mereka? 

Ingat, setiap dari anda memiliki porsi masing-masing, baik dari porsi jam terbang (pengalaman), modal yang anda punya, banyak sedikitnya waktu untuk menganalisa saham.

Setiap dari anda juga memiliki tingkat kecocokan terhadap analisa saham tersebut. Setiap dari anda mungkin tidak cocok dengan analisa2 tertentu. 

Artinya, apa yang cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk anda. Apakah ini berarti anda nggak perlu mengikuti langkah2 dan cara belajar saham para trader dan investor sukses? 

Anda boleh mengikuti cara mereka belajar. Justru saya menyarankan supaya anda belajar dari orang yang sudah terbukti menghasilkan profit di saham. Tetapi, jangan meniru sama persis, apalagi ingin segera menjadi kaya seperti investor2 yang sudah sukses. 

Ingatlah bahwa mereka yang sukses di dunia saham pasti memulainya dari nol, belajar menganalisa sendiri, mencari sistem trading secara mandiri. 

Nah, kalau anda masih pemula, modal masih terbatas, pengalaman trading belum banyak, anda belum menemukan sistem trading sendiri, dan anda dipaksa untuk trading di level trader-trader sukses dunia, anda akan stress dan capek sendiri, karena anda belum terbiasa melakukannya. 

Sama seperti ilustrasi diatas tadi. Kalau anda bukan seorang atlet lari, dan anda dipaksa mengikuti program latihan seorang juara lari marathon level dunia, yang terjadi anda akan capek dan bahkan mungkin anda nggak bisa melanjutkan latihan2 di hari selanjutnya, karena tubuh anda belum terbiasa melakukannya. 

Jadi, belajar dari mereka yang sukses itu perlu.. Tapi anda juga harus paham juga dengan situasi kondisi anda saat ini. Belajarlah secara BERTAHAP, PERLAHAN.. Jangan langsung meniru investor2 level dunia, atau bahkan nekad menambah modal sebesar mungkin supaya bisa dapat profit sebesar investor2 sukses.  

Strateginya, pelajari strategi2 trading dan investasi para tokoh yang sukses. Kemudian ADOPSI cara trading mereka ke dalam sistem trading anda. Dengan kata lain, anda harus memodifikasi sistem trading mereka. Terapkanlah apa yang cocok untuk anda. Saya sering mendapat curhat dari teman-teman trader: 

Pak Heze, saya pingin sukses seperti investor A. Gimana ya caranya biar bisa seperti investor A? 

Pak saya pingin bisa profit seperti si A, katanya bisa untung miliaran dari saham. Kalau saya pemula, apa saya bisa dapat untung sebesar itu?  


Saran saya, kalau anda ingin menjadi sukses seperti investor2 level dunia atau mungkin investor2 saham sukses di sekitar anda, pelajarilah cara mereka, dan trading / investasilah sesuai dengan KEMAMPUAN ANDA masing-masing. 

Jangan memaksakan memaksakan memakai modal besar kalau anda belum terbiasa. Jangan meminta "contekan" saham tanpa anda menganalisa sendiri. Karena sukses dari saham ditentukan oleh diri anda sendiri. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.