Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Mengapa Anda Perlu Belajar Saham?

Judul pos ini saya tujukan untuk anda yang punya keinginan belajar saham, tetapi anda masih ragu-ragu. Atau mungkin anda sekarang sudah punya rekening saham, tapi anda sedang kehilangan motivasi untuk mendalami saham. 

Berhubung sekarang ini semakin banyak rekan-rekan yang ingin belajar saham, maka anda juga harus mengetahui risiko dan keuntungan dari belajar saham. Dan akan kita bahas di pos ini. 

Belajar saham yang saya maksud disini bukan hanya anda belajar teori dan menghafal, tetapi belajar saham nantinya akan anda gunakan untuk berbisnis saham, entah itu trading ataupun investasi saham, sehingga anda bisa mencetak profit /untung, yang bisa menambah penghasilan anda. 

Anda perlu belajar saham, karena dengan belajar saham anda bisa mendapatkan keuntungan-keuntungan: 

1. Mendapatkan penghasilan tambahan 


Saham bisa memberikan penghasilan tambahan untuk anda yang punya pekerjaan full time. Saat ini banyak rekan-rekan trader part time, di mana mereka adalah full time karyawan, pebisnis, ibu rumah tangga, PNS, tetapi juga memutar modalnya di saham. 

Dengan trading dan investasi, penghasilan anda bisa berkembang jauh lebih cepat dibandingkan jika anda hanya mengandalkan pekerjaan tetap. 

Kalau anda belum tahu cara memulai belajar saham, anda bisa download free ebook yang saya terbitkan disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula.  

2. Memanfaatkan modal menganggur untuk mendapatkan keuntungan 

Modal menganggur (idle money) bisa lebih produktif karena anda manfaatkan untuk mendapatkan profit di saham. Hal ini akan lebih baik ketimbang anda hanya menabung di bank, ada baiknya anda menginvestasikan / tradingkan modal anda di saham. 

3. Mengembangkan modal anda

Jika anda awalnya hanya memiliki modal Rp3 juta, maka dengan bisnis saham, dalam jangka panjang modal Rp3 juta bisa berkembang jauh lebih banyak. Hal ini berbeda jika anda hanya mendiamkan modal anda, maka modal Rp3 juta tidak akan bertambah. 

4. Profit jangka pendek maupun jangka panjang

Saham bisa menjadi sarana bagi anda untuk mendapatkan keuntungan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Kalau anda ingin mendapatkan profit jangka pendek, anda bisa menerapkan strategi trading harian (beli jual saham di hari yang sama atau besok harinya).

Kalau anda ingin mendapatkan keuntungan jangka panjang dan dividen rutin setiap tahun, anda bisa menerapkan investasi jangka panjang. Baca juga: Apa itu Dividen? 

Pasar saham menawarkan fleksibilitas yang tinggi bagi anda untuk mendapatkan keuntungan2 baik dalam jangka pendek dan panjang, sesuai dengan strategi yang cocok untuk anda. Itulah mengapa anda perlu belajar saham dan praktik trading. 

Tetapi untuk mendapatkan untung di saham, anda harus bisa menganalisa saham-saham yang akan naik. Membeli saham, apalagi untuk mendapatkan profit dalam jangka panjang dan mengembangkan modal, tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. 

Analisa saham bisa anda lakukan dengan analisis teknikal (membaca grafik) dan melakukan screening saham untuk menyeleksi saham-saham yang bagus untuk dibeli. Anda bisa baca praktik2nya disini:

- Belajar Analisis Teknikal Saham Pemula - Expert
- Panduan Simpel & Efektif Memilih (Screening) Saham Bagus

Karena sama seperti instrumen investasi lainnya, saham pun juga memiliki risiko. Risiko-risiko di saham terutama adalah risiko kerugian. Kalau anda membeli dan memilih saham yang salah, anda membeli saham tanpa menganalisa, maka risiko tersebut akan meningkat. 

Nah, risiko-risiko di saham bisa diminimalkan asalkan anda memiliki pengetahuan trading (analisa teknikal) dan kemampuan anda untuk screening saham2 yang layak trading tersebut.   

Catatan: Saya tidak mengatakan bahwa saham adalah jenis investasi / trading terbaik. Karena setiap orang memiliki tingkat kecocokan terhadap instrumen investasi tertentu. 

Ada orang yang lebih cocok investasi di reksadana daripada saham. Ada orang yang merasa lebih nyaman investasi di obligasi dan deposito. Ada orang yang lebih nyaman investasi riil seperti emas batangan dan properti. Semua tergantung dari karakter dan preferensi anda. 

Tapi kalau anda sudah membaca pos ini, saya berasumsi bahwa anda memiliki keinginan yang kuat untuk belajar saham. Jadi untuk anda yang serius belajar saham, tekuni bisnis saham sampai anda sukses mendapatkan profit.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.