Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Trading Saham, Pilih di Smartphone atau Laptop?

Jika anda ingin memulai trading saham, maka anda harus mulai membuka akun di kantor sekuritas terlebih dahulu. Terkait hal ini, saya nggak bahas itu karena di Saham Gain ini saya cukup banyak membahas tentang langkah2 membuka rekening di sekuritas. 

Anda bisa download juga free ebook yang banyak saya jelaskan tentang langkah2 belajar saham pemula dan membuka akun di sekuritas disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

Di pos ini, saya akan memaparkan tentang perangkat keras (hardware) yang harus anda gunakan untuk trading saham. Saya beberapa kali mendapatkan pertanyaan dari trader: "Apakah kalau jadi trader harus punya laptop? Harus punya PC? Apakah cukup trading lewat smartphone? Salah satu contohnya rekan trader yang bertanya melalui WA:  


Di zaman milenial ini, trading saham sekarang sudah bisa anda lakukan melalui PC, laptop maupun smartphone. Fitur2 online trading dari sekuritas sekarang sudah dilengkapi dengan aplikasi trading untuk smartphone. Jadi sekali anda mendaftar di sekuritas, anda bisa login di PC dan smartphone. 

Itu artinya, anda nggak harus punya laptop atau PC untuk bisa trading (buy-sell), memantau saham, melihat chart dan lain2. 

Tapi ini semua kembali kepada tujuan anda masing2. Kalau anda adalah part time trader, anda pekerja kantoran yang punya mobilitas tinggi, maka tidak masalah anda memantau dan trading saham melalui smarthphone. 

Tapi kalau anda ingin lebih serius menekuni trading, bahkan anda punya cita2 jadi full time trader misalnya, maka anda butuh PC atau minimal laptop. Karena berdasarkan pengalaman saya, memantau saham melalui PC atau laptop jauh lebih 

Terutama kalau anda mau melakukan analisa grafik (teknikal) lebih dalam, maka laptop / PC berperan sangat penting dalam trading anda. Selain tampilan laptop / PC lebih lebar, anda bisa melihat tampilan2 analisa yang lebih banyak di PC, sehingga anda bisa menganalisa saham lebih kompleks. 

Salah satu keberhasilan analisa dan keputusan trading anda juga dipengaruhi oleh perangkat keras yang anda pakai untuk analisa. 

Kalau anda terbiasa menggunakan smartphone untuk trading, tidak masalah. Tapi kalau anda bingung melihat tampilan2 chart, analisa saham melalui smartphone, terutama anda yang ingin lebih serius mendalami trading, maka anda harus membeli (minimal) laptop. Anggaplah anda membeli laptop juga sebagai 'investasi' anda.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.