Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Saham ABBA: Pola yang Terulang

El Heze
Salah satu saham yang memiliki volatilitas harga yang cukup cepat adalah saham ABBA. Saham ABBA sempat 'bangun' dari tren sideways panjangnya, di mana ABBA naik dari harga 100 sampai 200-an hanya dalam kurun waktu seminggu. Anda bisa lihat grafik ABBA seperti dibawah ini: 

Saham ABBA
Anda bisa lihat pola pertama di mana ABBA ini naik drastis dalam seminggu. Kenaikan ABBA saat itu terjadi sebelum momen Pilpres, karena pendiri Mahaka Media (ABBA) ini adalah Erick Thohir, maka saham ini diangkat tinggi menjelang pilpres. 

Namun tidak lama kemudian setelah jenuh di puncak, ABBA mulai mengalami koreksi drastis. Anda bisa perhatikan tanda panah pertama, di mana ada candle merah yang cukup panjang. 

Setelah itu, ABBA kembali mengalami tren sideways di kisaran harga 130-140. Setelah mengalami tren sideways, ABBA kembali  diangkat tinggi selama satu mingguan hingga diatas 200. 

Anda bisa perhatikan tanda persegi kedua, di mana pola kenaikan dan koreksi saham ABBA kedua ini sangat mirip dengan pola pertama. Harga saham diangkat semingguan ke harga high 200-an, lalu saham 'dibanting' setelah mendekati high pada pola pertama. 

Banyak trader yang sudah terlanjur beli saham ABBA ini di harga 200-an, sehingga saat ABBA turun / balik dengan cepat ke 140, trader2 yang belum sempat cut loss akhirnya nyangkut. 

Dari sini, kita bisa mempelajari satu hal penting, yaitu: Dalam analisa teknikal, penting bagi anda untuk mengamati pola-pola yang terulang pada grafik historis sebelumnya, karena dalam banyak praktik trading, pola-pola historis yang terjadi bisa terulang sewaktu-waktu. 

[Anda yang ingin mempelajari lebih dalam analisa teknikal, dan praktik2 menemukan saham naik, menemukan saham diskon, anda bisa mempelajarinya disini: Ebook Saham Pemula - Expert.]

Hal ini sesuai dengan prinsip analisa teknikal: History repeat itself. Baca juga: 3 Prinsip Dasar Analisis Teknikal.

Sehingga dengan mengamati pola historis sebelumnya, anda tidak mudah terjebak atau tergoda membeli saham yang kelihatannya menarik dan menjadi trending topic atau saham yang sekilas kelihatannya menarik saat itu. 

Mulai sekarang, kalau anda menemukan saham yang sedang trending dan anda tertarik untuk ikut membeli sahamnya, analisa dahulu sahamnya, termasuk dalam hal ini, anda bisa cek pola historisnya, apakah ada pola-pola terulang yang berpotensi menjebak trader tersebut. Baca juga: Full Praktik Menemukan Saham yang Akan Turun.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.