Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Harga Indeks Saham Dunia

El Heze
Indeks saham dunia seringkali menjadi acuan bagi para trader Indonesia untuk memutuskan apakah trader akan membeli saham atau menahan dulu, atau bahkan menjual saham. Kalau anda ingin tahu indeks saham dunia, anda bisa baca pos saya disini: Kumpulan Indeks Saham Dunia. 

Walaupun bukan acuan utama, namun seringkali indeks saham dunia (yang punya pengaruh besar) memiliki pengaruh terhadap indeks saham kita (IHSG) dan tentunya terhadap mayoritas pergerakan saham. 

Beberapa indeks saham dunia utama seperti Dow Jones, dan indeks saham Asia, seringkali menjadi acuan pergerakan IHSG pada keesokan harinya. Jadi kalau misalnya indeks Dow Jones semalem ditutup anjlok, maka kemungkinan besar IHSG paginya akan koreksi.

Banyak trader yang ingin melihat informasi harga indeks saham dunia, tetapi trader terkadang nggak menemukan informasi tersebut. Di beberapa software online trading, terkadang tidak menampilkan update indeks saham dunia. 

Maka dari itu, anda sebenarnya nggak harus repot cari informasi yang update mengenai harga indeks saham dunia. Anda bisa mencarinya melalui dua situs berikut: Trading View dan Investing. Berikut langkah2nya:

MENCARI HARGA INDEKS SAHAM DUNIA DI SITUS TRADING VIEW

1. Buka situs id.tradingview.com

2. Di halaman beranda sebelah kanan, anda akan menemukan menu ringkasan pasar, sebagai berikut: 


Disitu anda sudah bisa melihat beberapa harga indeks saham dunia. Kalau anda ingin klik lebih banyak informasi indeks saham, anda bisa klik menu "Lebih banyak indeks" (tanda lingkaran hijau). Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini: 


Itulah pergerakan indeks saham dunia, dan bisa anda lihat naik turunnya indeks tersebut di hari itu (kalau hijau berarti naik, kalau merah berarti turun). Anda bisa melihat informasi indeks2 acuan penting seperti DJI, dan bursa saham Asia seperti indeks HSI, STI dan lain2.  



MENCARI HARGA INDEKS SAHAM DUNIA DI SITUS INVESTING 

1. Buka situs: id.investing.com --> pilih menu Indeks Utama


2. Kemudian akan tampil Indeks Dunia Utama sebagai berikut: 

Klik gambar untuk memperbesar

Anda bisa melihat informasi2 harga indeks saham dunia yang update melalui menu tersebut, baik indeks Amerika, IHSG, Asia dan lain2. Sebenarnya anda bisa juga lihat di situs Investing menu sebelah kanan (yang saya beri tanda lingkaran). Namun jika anda ingin melihat tampilan yang lebih lengkap, anda bisa ikuti langkah2 diatas itu tadi. 

So, anda yang ingin cari informasi tentang update indeks saham dunia, anda bisa cari melalui dua situs tersebut. Informasi tentang pergerakan indeks dunia, terutama Dow Jones dan pergerakan mayoritas Bursa Asia, terkadang juga "menentukan" pergerakan IHSG. Baca juga: Makna Indeks Saham Bagi Pemain Saham.       

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.