Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Trading Saham yang Benar

Trading saham bisa dilakukan dengan berbagai macam variasi strategi. Ada banyak analisa yang dapat digunakan untuk membaca saham2 yang akan naik maupun turun. Baca juga: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

Banyaknya variasi dan keluwesan dalam trading ini, seringkali justru membuat trader saham bingung harus memulai langkah-langkah trading dari mana dulu. Memang langkah awal dalam trading ini sangat penting, karena kalau langkah awal anda salah, anda bisa berpotensi terjebak dalam kerugian, dan anda 'kehilangan arah' ketika menghadapi market. 

Maka dari itu, di pos ini saya akan memberikan beberapa langkah cara trading saham dengan benar. Terutama langkah-langkah awal dalam trading saham ini jangan sampai salah, agar anda nantinya tidak bingung ketika berhadapan dengan market.   

Oke, berikut langkah-langkah cara trading saham yang benar: 

1. Memahami tampilan software online trading

Trading saham dilakukan di software online trading. Jadi, kalau anda sudah buka akun saham, maka anda harus mulai mempelajari tampilan software trading anda, dan anda harus membiasakan diri untuk menganalisa saham melalui software yang anda pakai. 

Jadi katakanlah sudah buka akun saham di Mandiri Sekuritas (MOST), maka ya anda harus mempelajari tampilan software trading MOST. Dan biasakan membaca grafik, analisa saham melalui software MOST anda.

Jangan sampai anda buka rekening saham-nya di MOST, tapi anda menganalisa sahamnya pakai aplikasi2 lain seperti chartnexus, amibroker dan lain2. Hal ini akan membuat keputusan trading anda jadi "bias". Trader akan berpotensi cenderung bingung kalau terlalu banyak menggunakan aplikasi trading yang berbeda-beda. 

2. Mempelajari analisa teknikal basic 

Sebelum anda memutuskan terjun ke dunia trading, anda harus pahami dengan benar analisis teknikal basic. Saya sebenarnya juga sudah sering menuliskan di Saham Gain ini, karena seluruh keputusan trading yang anda lakukan nantinya akan mengacu pada analisis teknikal. 

Strategi2 trading & belajar saham mulai pemula - expert, bisa anda dapatkan praktik-praktik langsungnya disini: Buku saham. Jadi disini nanti, anda akan langsung praktik memilih saham untuk trading.  

Jangan berpikir belajar bandarmologi, belajar melihat net-buy net sell terlalu detail, kalau anda nggak paham analisa teknikal. Semua analisa2 lain seperti bandarmologi adalah refleksi / cerminan analisis teknikal itu sendiri.

Dengan analisis teknikal, anda bisa membaca saham yang naik / turun, mempelajari tren saham akan kearah mana, termasuk titik2 support-resisten penting di sebuah saham.  

Jadi sebelum anda melangkah lebih jauh ke pasar saham, anda harus sudah punya basic-nya. Anda sudah punya senjatanya. Ibarat anda mau pergi ke medan perang, anda harus paham praktik menggunakan senjata dan alat-alat perang dengan baik. Kurang lebih seperti itu analoginya. 

3. Anda sudah mengetahui saham yang pilihan anda 

Setelah anda paham analisis teknikal, ada satu hal lagi yang perlu anda lakukan, yaitu tentukan saham2 pilihan anda. Gimana caranya? 

Anda harus mempelajari saham-saham apa saja yang layak dan tidak layak untuk ditradingkan. Disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus, saya juga sudah membahasnya secara detail praktik2nya. 

Di pasar saham, ada banyak sekali saham yang bisa anda tradingkan Tapi mayoritas saham tersebut tidak likuid. Maka dari itu, anda harus sudah memiliki saham apa yang akan anda incar untuk trading. 

Kalau anda masih pemula banget, anda bisa mencoba virtual / demo trading dulu. Virtual trading ini bermanfaat agar anda nantinya tidak kaget ketika berhadapan dengan market. 

Virtual trading juga bisa membantu anda untuk memahami pergerakan saham2 yang bagus dan tidak, sehingga saat trading beneran, anda sudah tahu saham2 apa yang perlu anda hindari. Saya pernah bahas virtual trading disini: Cara Virtual Trading Saham. 

4. Praktik trading lanjutan 

Jika anda sudah mulai praktik trading, anda tinggal meneruskan saja apa yang sudah anda jalankan di pasar saham, yaitu terus belajar, terus menganalisa, terus praktik, tradinglah berdasarkan trading plan dan tekun menganalisa. Baca juga: Praktik Trading Pemula - Lanjutan 

Intinya, poin-poin dan tahapan2 yang saya tuliskan ini bertujuan untuk mengarahkan anda pada cara trading yang bisa membuat anda menjadi trader yang: LOGIS, REALISTIS, ANALITIS. 

Banyak sekali trader yang nggak tahu tahapan trading saham yang benar. Langsung terjun, langsung nyemplung karena banyak iming-iming bisa untung cepat, bisa kaya raya dengan analisis ini-itu. 

Padahal inti cara trading saham yang benar itu: mengerti praktik analisa teknikal, paham cara memilih saham, terapkan target2 secara realistis, dan praktikkan terus menerus.    

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.