Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Trading Saham Lewat Aplikasi Android / Smartphone

El Heze
Beberapa waktu lalu ada rekan trader yang mengajukan pertanyaan ke saya melalui email. Pertanyaannya cukup bagus: 

"Bung Heze, saya pingin trading saham, tapi tidak punya banyak waktu untuk memantau market, soalnya saya termasuk pekerja kantoran yang sering jalan dinas. Apakah bisa saya trading dan pantau market lewat smparthone saja? Apakah aplikasi trading lewat smartphone sama bagusnya dengan aplikasi trading di PC?"

Anda para pembaca setia web Saham Gain ini, mungkin juga punya pertanyaan yang serupa. Maka dari itu, saya akan membahasnya di pos ini. Sebelum saya bercerita lebih banyak tentang trading saham lewat aplikasi android / smartphone, saya mau cerita dikit tentang aplikasi trading yang saya pakai. 

Saya pribadi nyaris tidak pernah pakai / instal aplikasi trading lewat smartphone. Karena setelah saya coba pakai aplikasi trading di smarthpone, saya kurang cocok dengan tampilannya (terlalu kecil / sempit). 

Jadi trading dan analisa saham yang saya jalankan sehari-hari, saya full menggunakan PC. Atau minimal laptop. Bukan karena aplikasi trading smartphone jelek. 

Tapi karena saya memang lebih fokus pada aktivitas trading, dan trading saya jadikan penghasilan utama. Maka, saya butuh fasilitas trading yang benar2 bisa mendukung untuk analisa saham, sehingga pengambilan keputusan trading saya juga lebih akurat. 

Nah, kalau anda berkunjung ke kantor-kantor sekuritas, anda bisa perhatikan layar monitor yang dipakai para broker untuk memantau market. Broker pasti menggunakan PC (tidak ada yang pakai aplikasi trading smartphone di ruangan kerjanya). Bahkan broker saham menggunakan 2-4 layar monitor. 

Hal ini karena broker saham memang butuh aktivitas dan fasilitas yang lebih untuk melakukan analisa saham, dan memberi masukan pada nasabah.  

Itulah alasan mengapa orang-orang yang benar2 fokus pada bidang trading saham (saya salah satunya), butuh fasilitas untuk analisa saham yang lebih lengkap. 

Kalau analisa saham hanya dilakukan dengan smartphone yang tampilannya terbatas, maka hal ini juga mempengaruhi analisa-analisa yang saya lakukan. 

Yang jadi persoalan selanjutnya, tidak semua orang punya aktivitas yang sama. Ada orang yang ingin trading, tapi tidak punya banyak waktu. Ada orang yang punya niat trading, tapi punya pekerjaan dinas.

Dengan kata lain, banyak trader yang melakukan aktivitas trading tapi mereka tidak fokus 100% karena kesibukan anda masing-masing yang tidak bisa anda tinggalkan. 

Jadi anda yang punya pekerjaan utama selain trading, maka cara alternatif agar anda tetap bisa trading, bisa pantau market walaupun anda nggak berada di depan layar komputer, ya alternatifnya anda bisa trading melalui smartphone. 

Nggak ada salahnya juga anda pantau market melalui smarthphone. Tetapi saran saya, trading dan pantau market melalui smartphone ada baiknya anda lakukan khusus anda yang tidak punya waktu banyak berada di depan layar komputer atau untuk anda yang sering bepergian.  

Sedangkan untuk anda yang punya waktu luang lebih untuk memantau market lewat PC / laptop, saya sangat merekomendasikan pada anda, agar anda lebih fokus menganalisis saham lewat PC anda. 

Mengapa? Karena alasan2 yang saya sebutkan itu tadi. Bahwa analisis saham akan lebih fokus, melihat chart akan lebih komplit jika anda lakukan lewat PC / laptop. Biar bagaimanapun tampilan chart maupun live trade di PC lebih leluasa bagi anda untuk melakukan analisa2 trading, dan membandingkan chart2 dan bid-offer antar saham. Hal ini lebih sulit dilakukan dengan smartphone.

Dengan menjamurnya teknologi dan kemudahan akses internet melalui smartphone, maka sekuritas saham tentu juga berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan trading saham melalui aplikasi yang bisa anda instal melalui smartphone tersebut.

Tetapi tujuan sekuritas membuat aplikasi trading lewat smartphone ini sebenarnya ditujukan untuk anda-anda yang punya mobilitas tinggi. 

Masih banyak trader yang mau fokus melakukan analisa saham lewat smartphone (karena analisa saham di HP kelihatan lebih keren), padahal sebenarnya trader punya waktu lebih banyak untuk analisa saham lewat laptop / PC. 

Jadi kalau anda mau lebih fokus pada analisa saham, ada baiknya anda juga menggunakan fasilitas trading yang lebih lengkap untuk menunjang aktivitas trading anda, dalam hal ini, salah satunya penggunaan hardware untuk trading.  

Apalagi kalau anda mau jadi full time trader, maka perangkat untuk trading, perlu anda perhatikan dengan baik. Namun untuk anda yang masih belum bisa fokus untuk trading saham, maka tidak masalah anda menggunakan aplikasi trading melalui smartphone.

So, tentukan tujuan anda trading. Dengan demikian anda bisa memutuskan apakah anda akan trading menggunakan PC / laptop atau smartphone.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.