Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Teknikal: Fungsi Analisis Teknikal di Pasar Modal

Di dunia saham, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ANALISIS TEKNIKAL. Apa itu analisa teknikal? Analisis teknikal adalah sebuah tool yang harus anda gunakan jika anda ingin membeli dan menjual saham. 

Sebenarnya apa kegunaan analisis teknikal di dalam pasar modal? Kenapa analisis teknikal begitu populer, dan banyak yang menggunakannya? Mari kita bahas tentang fungsi-fungsi analisis teknikal di pasar modal: 

1. Sebagai dasar untuk membeli dan menjual saham 

Analisa teknikal merupakan analisa utama yang harus anda gunakan sebagai dasar untuk membeli dan menjual saham. Jadi kalau anda ingin bisa mengambil keputusan membeli saham di harga berapa, dan menjual saham di harga yang anda tentukan, maka anda harus menggunakan analisa teknikal. 

Analisa teknikal berarti adalah analisa grafik / chart. Artinya, agar anda bisa menggunakan analisis teknikal dengan baik, anda harus mampu membaca grafik saham, candlestick, analisa garis tren, support-resisten sebuah saham.


Grafik saham - analisis teknikal
 Mempelajari analisis teknikal secara lengkap mulai dari pemula sampai level expert bisa anda pelajari materinya disini: Buku Saham. 

2. Menentukan / memprediksi arah pergerakan saham 

Analisis teknikal berfungsi untuk memprediksi arah pergerakan saham. Dengan membaca grafik saham, anda bisa memprediksi dan melihat apakah suatu saham cenderung akan bergerak naik, turun atau tidak bergerak (sideways).  

Tanpa analisis teknikal, seorang trader saham tidak akan bisa membaca atau mengukur naik turunnya saham secara akurat. Analisis teknikal bisa membuat trader melakukan analisa2 dengan ukuran yang lebih pasti dan menghindarkan diri dari gambling di saham. 

3. Mendapatkan profit dalam jangka pendek, menengah atau panjang 

Karena analisis teknikal digunakan untuk memprediksi saham, maka dengan analisis teknikal anda bisa membeli saham dan menjual di harga yang lebih tinggi, sehingga analisis teknikal dapat memberikan profit bagi anda, di mana analisis teknikal bisa digunakan untuk memprediksi saham yang naik, baik untuk jangka pendek (harian sampai beberapa hari), jangka menengah maupun jangka panjang. 

Jadi itulah fungsi2 analisis teknikal di pasar modal. Dengan kata lain, kalau anda mau terjun ke dunia saham (terutama trading saham), anda harus memahami analisis teknikal tersebut (cara membaca grafik saham), karena analisis teknikal memiliki fungsi-fungsi yang bisa mengarahkan anda pada profit. 

Di dalam analisa teknikal, terdapat 3 prinsip dasar / utama yang harus anda pahami. Anda bisa baca-baca lagi artikel saya disini: Prinsip-prinsip Dasar Analisis Teknikal. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.