Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Kunci Pertama Profit di Saham

Jika anda ingin tahu langkah2 apa saja yang harus disiapkan untuk bisa memulai, maka saya sudah pernah memberikan step by step untuk memulai belajar saham. Anda download ebook gratis yang pernah saya terbitkan disini (26 halaman): Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

Tapi sebelum anda melakukan langkah2 belajar saham, ada satu langkah lagi yang harus anda lakukan, dan saya akui memang langkah ini cukup berat bagi sebagian pemula. Apa langkah atau kunci utama memulai belajar saham itu? Saya coba kutip kata-kata dari Jack Ma (pendiri Alibaba): 

Quote Jack Ma. Sumber: IDX Channel
If you've never tried, how will you ever know if there's any chance? - Jack Ma

Terjemahannya dalam Bahasa Indonesia kurang lebih sebagai berikut: Jika anda tidak pernah mencoba, bagaimana anda bisa tahu bahwa ada kesempatan / peluang disana?

Saya yakin apa yang dikatakan oleh Jack Ma ini bukan mengacu pada investasi / trading saham. Karena sejatinya beliau adalah founder Alibaba bukan asli investor saham. Jadi mungkin yang dimaksud Jack Ma ini adalah terkait dengan kemauan anda untuk berani mencoba, memulai, mengambil risiko kalau anda mau sukses berbisnis.  


Sama seperti ketika beliau berani memulai, mengambil risiko dan tantangan dalam hidupnya, hingga memiliki bisnis yang sukses sampai sekarang ini. 

Tetapi konteks ini sangat cocok diterapkan untuk para pebisnis saham, khususnya anda yang baru pemula, yang akan memulai belajar saham. Kalau diterapkan di saham, kira-kira akan menjadi seperti ini: 

Jika anda tidak pernah mencoba, jika anda tidak mau memulai trading, bagaimana mungkin anda bisa dapat untung dari saham? 

Sekarang ini banyak sekali para pemula yang ingin cepat kaya dari saham. Banyak pemula yang ingin dapat hasil instan di saham, tanpa mau berusaha. Di satu sisi, pemula malas mencari informasi2 tentang strategi trading. 

Banyak pemula ingin kaya instan tapi minim informasi tentang saham. Banyak pemula yang berangan-angan cepat kaya di saham tidak memulai saja tidak mau. Banyak pemula yang hanya mau ikut sinyal beli jual rekomendasi yang "pasti untung", tanpa mau menganalisa lebih lanjut. 

Kalau anda punya mindset2 seperti ini, jangan pernah berharap anda bisa dapat untung. Kalau anda mau untung, mulailah untuk action, dan berhentilah berangan-angan. 

Jadi yang ingin saya sampaikan pada anda di pos ini adalah: Kunci utama dan pertama  belajar saham adalah MEMULAI. 

Memulai buka rekening saham. Memulai belajar saham. Memulai trading. Memulai analisa saham. Memulai mempelajari pergerakan pasar saham.  

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan agar anda bisa mencari sumber2 pembeajaran dan praktik trading. Anda tidak harus ikut seminar2 yang harganya puluhan juta. Anda tidak harus membayar mahal untuk sistem2 trading yang belum tentu untung. 

Yang namanya memulai, anda harus sebisa mungkin mencoba untuk melakukan analisa2 mandiri, yang benar, yang realistis. 

Di web ini, saya juga memberikan strategi2 trading, praktik langsung saham2 di Bursa Efek, dan belajar saham pemula - expert. Anda bisa mendapatkan disini: Buku Saham Pemula - Expert

Dan strategi2 dan praktik trading yang saya paparkan ini bukan bertujuan untuk memberikan anda "ikan" terus menerus. Tapi saya lebih memberikan arah trading yang benar, dan supaya anda bisa mencari "ikan" (saham2 pilihan anda) sendiri, serta mematok target2 yang realistis di saham. 

Karena itulah yang perlu anda cari: Anda bisa mahir secara mandiri dengan cara memulai, dan berproses yang benar. 

Anda mau untung di saham? Anda mau bisa menganalisa saham dengan benar? Anda ingin bisa memilih saham sendiri? Anda bisa profit konsisten? Anda ingin modal trading anda berkembang? 

Anda harus MEMULAI-nya. Semua pekerjaan harus dilakukan dengan start. Saya akui proses memulai ini memang adalah proses yang paling berat. Karena pada saat memulai, anda harus mengumpulkan semangat anda. 

Anda harus cari informasi2 tentang saham. Anda harus cari analisa2 saham yang berkualitas. Dan mungkin anda membutuhkan 'waktu-waktu tambahan' khusus untuk meganalisis saham. 

Banyak orang yang langsung tumbang di proses 'memulai' ini, karena saat memulai belajar saham, semuanya terkesan tidak instan, tidak bisa langsung kaya sekejap mata seperti yang dibayangkan dan diharapkan, dan akhirnya trader menyerah. 

Tapi percayalah kalau anda mau menjalaninya.... Semua itu tidak akan terasa, dan kalau anda mau tekun dalam analisa, trading saham itu menjadi menyenangkan, dan bisa mendatangkan profit.

Kalau anda masih tidak percaya dengan kata-kata saya, saya harap anda percaya dengan orang-orang yang sukses di bidangnya masing-masing (tidak harus saham). Perhatikan para pebisnis sukses. 

Mereka sukses karena mereka mau MEMULAI. Mereka mencoba. Mereka mau berusaha, bukan hanya bermimpi. Di saham pun juga sama. Anda mau sukses di saham, maka anda harus memulai, praktik dan praktik.. 

Sekarang coba perhatikan kedua gambar dibawah ini, yang menjadi kesimpulan dari pos ini. Anda pasti bisa menginterpretasikannya...  
Trading saham dengan cara yang benar
Trading saham tanpa berproses

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.