Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Trading Saham: Profit Besar atau Profit Konsisten?

Tujuan anda dan saya trading adalah untuk mendapatkan profit. Profit ini bukan hanya sekedar profit jangka pendek, tapi kita semua ingin mendapatkan profit yang bisa terus berkelanjutan alias profit konsisten. 

Jadi kalau misalnya anda dapat profit 50% dalam satu bulan, tapi bulan-bulan berikutnya anda cenderung rugi, maka ini bukan profit konsisten. Anda bisa dapat untung cepat dan besar, namun tidak konsisten. 

Maka dari itu, saya tidak bosan sharing pada trader, terutama trader pemula: Kalau anda dapat jackpot, anda jangan langsung merasa jago, trader paling hebat, bisa profit terus. Karena jackpot yang anda dapatkan ini belum tentu bisa konsisten anda dapatkan di bulan2 berikutnya, tahun2 berikutnya. 

Fokus pada analisis adalah kunci utama dalam trading. Sebaliknya sikap euforia yang berlebih, bisa berpotensi menghancurkan bisnis trading anda. 

Trader seringkali berfokus untuk mendapatkan profit yang besar. Hal ini tidaklah salah. Tetapi sebaiknya anda lebih berfokus untuk menemukan metode2 trading yang bisa membuat anda profit konsisten, bukan hanya sekedar profit besar. Karena seperti yang tuliskan sebelumnya, bahwa profit besar tidak menjamin anda dalam mendapatkan profit kosnsisten. 

Mendapatkan profit konsisten di saham, berarti anda harus bisa memahami cara memilih saham yang tepat untuk anda anda. Anda bisa baca praktik tradingnya disini: Panduan Menemukan Saham Bagus & Screening Saham. 

Sekalipun profit anda tidak terlalu besar tapi kalau anda bisa mendapatkannya secara konsisten, maka profit konsisten sesungguhnya menunjukkan bahwa anda: 

- Sudah memiliki ketenangan dan psikologis yang bagus dalam trading
- Sudah mengetahui cara memilih saham
- Sudah memiliki pola trading sendiri (tidak tergantung pada analis, broker dan lain2)
- Sudah bisa membaca pergerakan market 

Sedangkan kalau anda bisa dapat untung besar tapi tidak konsisten, maka itu artinya anda masih perlu memperdalam cara membaca pergerakan market, melatih skill trading, menemukan metode trading yang cocok untuk anda. Jika anda ingin tahu cara mengukur profit konsisten, anda bisa baca pos saya disini: Cara Mengukur Profit Konsisten Saham.

Anda yang ingin sekali dapat profit besar dari saham, sebenarnya anda tidak perlu memikirkan bagaimana caranya bisa profit besar dan cepat, karena hal ini justru akan membuat anda tidak bisa konsentrasi pada analisis teknikal, yang menjadi bagian utama dalam trading.  

Ya pokoknya trading saham itu mengalir saja, dan anda harus tetap fokus melakukan analisa trading. Berapapun profit yang anda dapatkan sebenarnya nggak masalah, mau profitnya jumbo atau kecil.

Anda juga nggak perlu memikirkan atau mematok target berapa lama anda harus bisa dapat profit yang konsisten. Kalau anda baca pengalaman trading saya disini: Pengalaman Trading Saham:  Berapa Lama Trader Bisa Dapat Profit Konsisten? Anda akan tahu bahwa profit konsisten itu tidak bisa kita target dengan ukuran kuantitatif, namun dengan pengalaman yang anda jalankan di pasar saham. 

Kemudian anda bertanya lagi: "Bung Heze, gimana kalau kita dapat profit besar dan juga sekaligus konsisten. Apakah bisa?"

Bisa. Tetapi hal pertama yang harus anda dapatkan bukanlah profit besar, namun profit konsisisten. Itu artinya anda harus tahu pola trading apa yang cocok untuk anda, anda harus bisa baca pergerakan market, anda harus bisa mengatur psikologis anda dengan benar. Baca juga: Kombinasi Analisis Teknikal dan Psikologis Trading Saham.  

Karena sesungguhnya kalau anda sudah bisa dapat profit kecil tapi konsisten, seiring berjalannya waktu seni trading anda pasti akan berkembang, baik dari segi skill maupun modal, sehingga profit kecil ini nantinya bisa anda kembangkan menjadi profit yang lebih besar dan konsisten. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.