Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Mengapa Anda Harus Punya Trading Plan?

El Heze
Trading plan adalah bagian penting dari aktivitas trading yang harus anda jalankan. Trading plan memiliki cakupan yang luas, termasuk di dalamnya adalah melakukan manajemen modal dengan benar. Kalau anda belum tahu bagaimana cara menyusun trading plan, anda bisa baca pos saya disini: Strategi Analisis Teknikal, Menyusun Trading Plan dan Manajemen Modal.

Dalam trading, tidak banyak trader yang memiliki trading plan. Mengapa saya demikian? Karena banyak sekali trader yang tidak tahu apa yang harus dilakukan setelah membeli saham. Banyak trader yang sahamnya penuh dengan saham2 nyangkut. Banyak trader yang membeli saham tanpa tahu mengapa membeli. Sehingga dengan tidak adanya trading plan tersebut, banyak trader yang jalur tradingnya sangat tidak terarah dengan baik. 

"Jadi apakah bikin trading plan itu ribet Bung Heze?" Celetuk anda 

Trading plan tidaklah ribet. Misalnya, sore hari saat market tutup, anda memutuskan memilih beberapa saham yang ingin anda amati dan tradingkan untuk keesokan harinya. Dengan demikian, pilihan saham anda tidak 'kemana-mana' atau tidak mudah tergoda membeli saham2 gorengan. Itu juga sudah termasuk dalam bagian trading plan. Simpel tapi sangat bermanfaat. 

Tapi faktanya, tidak banyak trader yang melakukan hal tersebut. Akhirnya trader tidak bisa menikmati profit dan menyusun portofolionya dengan baik. Nah, jadi trading itu sangat penting. Mengapa anda harus punya trading plan? Ada banyak sekali manfaatnya dalam trading anda sehari-hari: 

1. Trading plan membuat keputusan anda lebih bagus

Dengan trading plan, anda sudah tahu apa yang harus dilakukan dalam trading. Anda tidak mudah terpengaruh ajakan beli / jual saham, tidak mudah terpengaruh kondisi IHSG yang hanya sesaat, tidak mudah terpengaruh membeli saham2 gorengan. Keputusan yang anda buat akan lebih berkualitas.

Biasakan membuat trading plan. Maka, perlahan anda akan mengetahui tipikal dan karakter trading yang cocok untuk anda. Karena dengan trading plan, anda akan lebih fokus dengan trading anda, sehingga anda akan lebih tahu apa yang cocok untuk anda. 

2. Trading plan membuat trading anda terarah 

Trading plan memang bukanlah analisis teknikal, tetapi trading plan adalah bagian dari eksekusi analisis yang sudah anda buat, yang sudah anda amati sebelumnya. Jadi dengan trading plan, tidak ada lagi kata profit karena untung-untungan. Saham nyangkut di mana-mana, karena faktor panic buying. Trading plan membuat trading anda benar2 menjadi sebuah bisnis yang bagus, bukan karena faktor judi / gambling / untung-untungan. 

3. Trading plan membuat trading anda disiplin 

Pernahkah anda mencoba untuk hidup disiplin? Misalnya biasanya anda sering bangun siang, makan tidak teratur, tidak pernah olahraga. Kini anda mengganti pola hidup tersebut. Anda mulai rutin bangun pagi, makan lebih teratur, olahraga setidaknya seminggu sekali, mengurangi junk food. 

Apa yang anda rasakan? 

Hidup anda lebih berkualitas, teratur dan disiplin tentunya. Hal ini juga sama ketika anda selalu membuat trading plan sebelum trading. Anda akan lebih disiplin, dan percayalah, saham-saham nyangkut  anda akan berkurang. Kedisplinan inilah yang akan membuahkan profit. 

Karena trader yang tidak punya sifat disiplin (membuat dan menjalankan trading plan), maka trader akan sulit untuk mencari celah-celah dalam trading yang bisa dimanfaatkan untuk mencari momentum saham yang baik. 

Itulah pentingnya anda punya trading plan. Dan penulis pribadi sudah merasakan sendiri manfaat (profit) dari memiliki trading plan. Anda yang belum memiliki trading plan, mulailah mencoba membuat trading plan yang simpel (eksekusi beli-jual), dan jalankan trading plan anda. Lama-kelamaan trading plan anda yang disertai dengan evaluasi trading, akan berkembang menjadi trading plan dan eksekusi yang lebih berkualitas.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.