Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Saham Waskita dan Wika untuk Trading

Dua (sub) sektor konstruksi di Bursa Efek yang cukup menarik perhatian trader adalah saham PT Waskita Karya Tbk (WSKT) dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA). Kedua saham ini adalah saham BUMN. Saya katakan kedua saham ini menarik karena secara fundamental kedua emiten ini tergolong bagus, demikian juga secara teknikal. 

Pada masa-masa tertentu, saham2 konstruksi memang bisa lesu. Tapi saya nggak bahas soal itu. Di pos ini, saya akan membahas kecenderungan pergerakan / pola analisis teknikal kedua saham. Banyak trader yang bertanya pada saya: Lebih baik cenderung pilih WSKT atau WIKA buat trading? 

Sebenarnya kedua saham sama bagusnya, sama likuidnya. Tapi selama bertahun-tahun mengamati kedua saham ini (dua saham ini termasuk saham favorit penulis), saya bisa menyimpulkan bahwa pola pergerakan WSKT lebih cepat dan aktif daripada saham WIKA. 

Saham WSKT (Klik gambar untuk memperbesar)

Saham WIKA (Klik gambar untuk memper

Saham WSKT lebih cepat naik 4-8% dalam sehari, dan rebound lebih dari 10% dalam beberapa hari ketimbang saham WIKA. Sedangkan pergerakan WIKA sendiri kurang lebih sama dengan WSKT hanya saja WIKA geraknya tidak "seliar" WSKT.

Kalau anda perhatikan grafik diatas (saya ambil grafiknya selama 1 tahun), perhatikan tanda lingkaran. Saham WSKT lebih banyak mengalami kenaikan harga saham secara cepat dalam kurun waktu tertentu dibandingkan WIKA.

Selain itu, perhatikan juga fluktuatif saham WSKT juga lebih terlihat daripada WIKA yang cenderung sering bergerak sideways. 

Jadi kalau untuk trading, saya pribadi dari dulu memang lebih cenderung ke WSKT. I mean, kalau dua saham ini sama2 memberikan sinyal rebound yang bagus, saya lebih memilih beli WSKT ketimbang WIKA. 

Tapi kalau WIKA sedang memberikan sinyal rebound yang lebih bagus menurut daripada WSKT, maka saya tidak ragu beli WIKA. Toh, WIKA juga bagus dan likuid hanya saja potensi returnnya menurut saya cenderung lebih rendah ketimbang WSKT (kalau kedua sinyal sama2 bagus).  

Kalau anda trader aktif (selalu mengamati pasar saham), anda mungkin juga menyadari pola pergerakan teknikal WIKA dan WSKT ini. 

Dalam pengambilan keputusan trading, anda juga bisa menggunakan cara analisis ini, yaitu membandingkan beberapa saham yang menurut anda memberikan potensi return yang bagus, dan pilihlah saham yang mengalami potensi kenaikan lebih cepat dibandingkan beberapa saham lainnya.  

Catatan: Pos ini BUKAN BERTUJUAN merekomendasikan pada anda untuk beli saham WSKT ataupun WIKA, atau mengatakan pada anda bahwa WSKT lebih bagus daripada WIKA. Pos ini bertujuan untuk berbagi / sharing tentang analiis teknikal. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.