Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Belajar Saham Terbaik

Di dunia saham saya sudah sering menemukan orang-orang yang mencoba cari cara instan untuk mendapatkan profit dari trading saham. Tapi, sayangnya upaya-upaya untuk mendapatkan hasil yang instan itu harus kandas di tengah jalan. 

Saya pribadi pernah mendapatkan curhatan dari para trader yang mencoba mengikuti saran di grup saham dengan harapaan mendapat keuntungan cepat tanpa perlu ribet melakukan analisa: 

"Pak Heze, kok nggak ikut gabung di grup saham A. Itu rekomendasinya bagus-bagus. Kemarin saya ikut rekomendasi beli saham ADRO untung 10% seminggu. Daripada analisis sendiri belum tentu benar".  

Para trader yang awalnya sangat senang mencetak 'profit instan' ini ternyata tidak lama kemudian mulai berhenti berlangganan rekomendasi berbayar, karena ternyata banyak saham yang tidak kunjung naik setelah dibeli. 


Dari sini kita bisa mengambil pelajaran bahwa kalau anda ingin mendapat untung dari saham, untung dari saham tidak bisa anda dapatkan secara instan. Semua trader ingin mendapat untung, namun kalau anda berharap untuk mendapat profit instan, inilah yang tidak saya sarankan. 

Trader yang ingin dapat untung instan biasanya akan mulai kehilangan rasionalitas. Padahal dalam trading, anda bukan hanya pintar analisis saja yang anda butuhkan, tapi anda harus punya rasionalitas yang baik. Mengapa? 

Karena pasar saham itu sejatinya 'permainan' psikologis. Anda tidak akan tahu kepastian harga saham di masa mendatang. Anda harus siap kalau harga saham anda turun. Bahkan anda harus siap take profit di harga yang sudah anda tetapkan kalau harga saham anda naik. 

Kalau rasionalitas trader hilang, trader akan cenderung untuk terus mencari cara-cara dapat profit instan, yang ujung2nya justru akan buang-buang tenaga dan waktu anda. Bukankah hal ini tidak rasional? Kalau anda mau untung, ya anda harus melakukan analisis dan praktik. 

Contoh lain, anda ingin nilai anda bagus tapi anda nggak mau belajar alias hanya ingin dapat hasil instan. Maka kemungkinan besar anda akan mulai kehilangan rasionalitas.

Kemungkinan anda akan mencontek teman dan menghalalkan segala cara untuk dapat nilai bagus tanpa belajar. Inilah yang dinamakan dengan kehilangan rasionalitas. Seharusnya, kalau mau nilai bagus satu2nya cara anda harus belajar. 

Oke kembali lagi... Jadi, berdasarkan yang saya alami sendiri, cara belajar saham terbaik adalah dengan menganalisa sendiri, menentukan sendiri kapan beli, kapan jual. Belajar dari grup atau media apapun itu sangatlah baik, tapi dengan menganalisa sendiri, anda akan menguasai "medan pertempuran" yang sesungguhnya.

Dengan melakukan analisa dan praktik, anda akan mengerti dengan benar pergerakan saham. Disinilah anda nanti bisa lebih peka terhadap saham2 yang kemungkinan akan naik dan turun. Dengan menganalisa sendiri dan belajar mandiri, rasionalitas trading anda pun bisa terbentuk lebih baik. 

Jadi, kalau anda tanya: "Bagaimana cara belajar main saham agar bisa profit?" Maka jawabannya adalah: Kuasailah pasar saham. Bagaimana cara menguasai pasar saham? Caranya anda harus praktik dan melakukan analisa. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.