Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Belajar Saham Mudah dan Terbaik

Saat ini belajar saham bisa dilakukan melalui banyak media, beberapa diantaranya yang sering digunakan adalah melalui grup, buku atau ebook, video, belajar langsung dari ahli atau pakarnya. 

Saya tertarik menulis pos ini karena saya sering mendapat pertanyaan mengenai "Cara belajar saham yang paling mudah untuk dimengerti". Kalau anda berbicara tentang cara belajar saham, maka anda harus mengetahui media belajar saham, atau lebih tepatnya anda harus mengetahui media belajar saham yang paling bagus.  

Oke, saya akan membahas media2 belajar saham yang ada yang bisa anda gunakan beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing: 

1. Belajar saham melalui grup 

Belajar saham dengan cara bergabung melalui grup memang bagus. Apalagi kalau member2 di grup sering memberikan info tentang pasar, dan berita2 emiten tertentu. Tidak dapat dipungkiri bahwa tidak sedikit dari trader yang berhasil meraup profit melalui rekomendasi grup. 

Masalahnya di grup memiliki beberapa kekurangan antara lain: Grup2 saham umumnya juga sudah dimasuki oleh bandar, sehingga ketika ada rekomendasi saham C mau naik, maka hal ini sudah diantisipasi terlebih dahulu oleh bandar yang ingin mendapatkan keuntungan pribadi. 

Selain itu, banyak member2 di grup yang seringkali melakukan ajakan2 untuk membeli saham A, saham B, yang tidak ada dasar analisis yang jelas. Yang lebih buruk lagi, tidak jarang saya menemukan orang yang terkesan "menakut-nakuti", misalnya mengatakan bahwa IHSG akan jatuh dan sebagainya. 

Nah, untuk trader yang masih benar2 awam, maka trader akan mudah terbawa dalam kepanikan. Hal inilah yang pada akhirnya juga, terkadang sering grup justru membuat banyak trader yang sahamnya jadi nyangkut. 

Selain itu, grup memiliki kekurangan, yaitu tidak memaparkan analisis secara lebih detail dan lengkap. Kebanyakan grup memaparkan membeli saham TRAM misalnya, dan take profit di harga sekian. 

Sehingga analoginya, kalau anda sedang belajar memancing ikan, anda selalu diberikan ikan terus-menerus tanpa mengajarkan bagaimana cara menangkap ikan sendiri. Padahal, hal utama dalam trading adalah: "Anda harus bisa menangkap ikan sendiri". 

Pos ini tidak bermaksud untuk menjelekkan cara belajar saham melalui media grup. Sangat bagus jika anda mau belajar dari banyak sumber. Namun belajar melalui grup, apalagi mengandalkan grup 100% sebagai media belajar, tentunya harus menjadi pertimbangan anda. 

2. Belajar saham melalui video 

Belajar saham melalui video selama ini dianggap merupakan cara yang bagus dan efektif, karena belajar melalui visual kita bisa lebih cepat menangkap maksud dari 'belajar saham'. 

Tapi, kekurangan belajar saham melalui video adalah video umumnya tidak selengkap konten (tulisan), jika tulisan tersebut dipaparkan dalam bentuk yang sangat lengkap. 



Pemaparan melalui tulisan, yang biasanya disertai dengan praktik langsung yang juga digambarkan melalui tabel dan lain2 memiliki kelebihan dibandingkan belajar saham melalui video, karena dengan TERUS MEMBACA dan memahami isinya, disitulah sebenarnya anda bisa lei. 

Anda tetap butuh membaca materi-materi yang jauh lebih lengkap, yang mungkin lebih banyak dipaparkan melalui tulisan  (yang didasarkan pada praktik) dan pengalaman pribadi penulis.  

3. Belajar saham langsung melalui seminar / ahli / pakar

Metoda belajar saham ini juga dianggap paling efektif, karena banyak orang beranggapan kalau belajar langsung melalui pakar, maka kita bisa cepat mengerti (namanya juga belajar langsung dari ahlinya). 

Tapi kelemahannya, kalau anda belajar langsung dari orang yang ahli, atau teman anda sendiri misalnya, maka kemungkinan besar ilmu yang anda serap tidak 100%. Lho kok?

Kebanyakan orang tidak akan mau memberikan 100% ilmunya secara mentah2 kepada anda. Kalaupun anda diajari paling anda hanya diajari "memahami kulitnya" saja. Masalahnya, banyak orang2 yang sebenarnya mengerti tapi tidak ingin membagikan "rahasia dapur saham" mereka. 

Selain itu, kalau anda sering ikut seminar2 saham yang katanya langsung diajar oleh "pakarnya", kebanyakan seminar2 saham kurang memberikan nilai tambah untuk belajar saham, karena banyak seminar2 yang hanya terkesan promosi.

Banyak seminar2 saham yang memberikan introduce secara gratis, tapi ujung2nya anda diharuskan membayar sistem mereka yang belum tentu menjamin anda akan profit. 

4. Belajar saham melalui buku atau ebook  

Belajar saham melalui buku atau ebook sebenarnya adalah cara yang paling ideal, tapi dengan catatan materi yang ada dalam ebook / buku harus dipaparkan dengan sangat lengkap (baca poin 2). 

Materi yang dipaparkan secara lengkap dalam ebook akan memudahkan anda untuk melakukan praktik secara langsung, dan membaca materi secara berulang akan jauh memudahkan anda untuk lebih mengerti tentang saham dan cara mendapat profit tentunya. 

Karena media belajar ebook ini memang saya lihat memiliki dampak yang bagus, saya sebagai penulis web Saham Gain ini juga memberikan materi pembelajaran melalui ebook secara lengkap dan mudah dipahami, yang disertai dengan praktik langsung. Anda bisa mendapatkan materinya disini: Buku Pilihan Trader Saham Terbaik.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.