Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Pemula Saham, Belajar Analisis Teknikal atau Fundamental Dahulu?

Dalam analisis untuk pengambilan keputusan beli dan jual saham, kita mengenal ada 2 macam analisis utama, yaitu analisis teknikal dan analisis fundamental. Kalau anda tanya mana yang lebih penting antara keduanya, maka saya jawab sama pentingnya. 


Karena sama pentingnya, pemula biasanya bingung harus mulai belajar analisa teknikal atau fundamental terlebih dahulu. Walaupun analisa teknikal dan fundamental memiliki tujuan berbeda, tapi pemain saham seringkali kesulitan menentukan apakah ingin trading (analisis teknikal) atau investasi (analisis fundamental). 

Sebenarnya cara paling ideal untuk belajar saham adalah dengan mempelajari keduanya. Karena dengan mempelajari keduanya, anda bisa melakukan komparasi analisa mana yang lebih cocok untuk anda. 

Tapi mungkin sebagian pemula masih kesulitan untuk mencerna seluruh analisis apabila harus mempelajari keduanya secara bersamaan. Apalagi kalau anda harus praktik, maka rasanya sih sulit kalau anda masih pemula tapi harus "berperan" sebagai investor dan trader. 

Maka dari itu, kalau disuruh memilih mana yang lebih dulu dipelajari, maka sebaiknya anda mempelajari ANALISA TEKNIKAL TERLEBIH DAHULU. Mengapa analisis teknikal dulu? Ada beberapa kelebihan dan keharusan seorang pemain saham dalam mempelajari analisis teknikal dibandingkan analisis fundamental: 

1. Analisa teknikal digunakan untuk menghadapi market

Saat anda melihat layar monitor saham, anda akan dihadapkan dengan antrian bid-0ffer, market running trade, grafik, indikator dan lain2. Semuanya itu adalah bagian dari analisis teknikal, jadi anda harus memahaminya karena analisis teknikal suka nggak suka pasti akan anda gunakan juga untuk menganalisis saham. Bukankah seorang pemain saham harus bisa baca grafik? 

Jadi meskipun nantinya anda menjadi seorang fundamentalist, tapi anda harus punya bekal analisis teknikal. 

2. Analisa teknikal lebih mudah dipelajari 

Harus saya akui, analisa teknikal itu lebih simpel daripada analisa fundamental. Lebih mudah untuk mempelajari apa itu stochastic, moving average ketimbang membedah laporan keuangan dan mengenali perusahaan secara lebih dalam. 

3. Analisa teknikal bisa untuk semua time frame 

Analisa teknikal bisa anda gunakan untuk trading jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Sedangkan analisa fundamental hanya digunakan untuk analisa jangka panjang. Saat anda ingin trading jangka panjang, terkadang anda juga perlu memperhatikan grafik saham jangka panjang perusahaan.
Itulah kelebihan2 analisis teknikal dibandingkan fundamental, dan juga merupakan alasan mengapa anda hendaknya mempelajari analisis teknikal terlebih dahulu sebelum beranjak untuk mempelajari dan menerapkan analisis fundamental.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.