Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Ingin Kaya dari Saham?

Sebagai pebisnis saham (trader maupun investor), anda dan saya pasti mengincar PROFIT. Profit adalah tujuan akhir seorang trader. Sedangkan, ilmu-ilmu dan pemahaman yang anda dapatkan dari trading adalah prosesnya. 

Memang kalau kita mengartikan 'mendapat profit', maknanya bisa bermacam-macam. Ada trader yang mencari profit hanya sekedar untuk penghasilan tambahan, tapi sebagian besar trader memang ingin ingin kaya dari saham. 

Apakah salah jika trader ingin kaya dari saham?

Tentu saja tidak. Tapi kemudian anda protes:

"Bukannya Pak Heze sendiri di pos ini: Target Laba Trading, Hanya akan Membebani Anda, Pak Heze mengatakan bahwa adanya target profit justru akan membuat trading kita menjadi tidak konsen, karena terpacu untuk mengejar target profit tersebut? Artinya, ingin jadi kaya tidak boleh menjadi tujuan utama kita donk?" 

Tidak. Pos tersebut tentu bukan melarang anda untuk kaya dari saham atau dapat profit besar dari saham. Saya pribadi tentu ingin mendapat profit besar dari saham. 

Tapi pesan saya, jangan sampai karena anda ingin kaya dari saham, anda melupakan hal-hal penting. Hal-hal penting apa sajakah itu? 

1. Melupakan analisis teknikal dan analisa market  

2. Melupakan target take profit dan cut loss 

3. Terus berharap dan tidak mau berhenti 

4. Lupa mengelola emosi (menjadi tamak / rakus)

Biasanya trader yang terlalu berambisi ingin kaya dari saham akan melupakan 4 hal penting diatas: Lupa kalau trader harus melakukan analisis, lupa menentukan target, saat saham untung lupa menjual dan ingin agar harga terus naik lagi, dan menjadi tamak serta ingin membeli saham dalam jumlah besar, padahal harga saham sudah pada naik tinggi. 

Kalau trader melupakan hal-hal penting seperti itu, sudah bisa ditebak hasilnya: Trader akan terjerumus kerugian yang lebih besar. 

Sekali lagi tidak ada salahnya punya cita-cita kaya dari saham. Tapi jangan sampai karena anda ingin kaya dari saham, anda justru melupakan hal-hal utama yang harus anda jalankan. Akibatnya, bukannya untung yang didapat tapi malah buntung. 

Saya banyak menemukan trader saham yang berusaha untuk mencari cara-cara instan dan mudah mendapat profit, misalnya dengan mengikuti "pakar", mencari software dan sistem2 yang "katanya" bisa menjamin profit dan lain2.

Ya nggak ada salahnya sih kalau anda belajar dari berbagai sumber. Namun dalam trading saham anda juga harus bisa berpikir secara REALISTIS dan LOGIS. Misalnya, kalau anda masih lampu hijau dalam dunia saham, tentu tidak bijaksana kalau anda ingin segera kaya dari saham. Anda harus mau belajar dan berproses.

Kalau anda ingin kaya dari saham, jangan hanya ingin mengincar cara-cara yang instan.  Saat anda berusaha mencari cara-cara instan untuk dapat profit besar, saat itulah justru langkah anda untuk mendapat profit akan mudah terjegal, karena kunci untuk mendapat profit dari saham adalah dengan cara melakukan analisa dan mengelola psikologis yang benar. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.